Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 15 Januari 2019 | 22:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Nokia N9 dikenal dengan codename Lankkui, sebuah smartphone dirilis pada 2011. Smartphone ini unik, karena memakai sistem operasi yang tak biasa.

Dulu Nokia N9 ini menjalankan sistem operasi MeeGo 1.2 Harmattan. Di masa itu padahal Nokia sedang mesra dengan Windows Phone sebagai pengganti Symbian.

Setelah di bawah naungan HMD Global, muncul kabar Nokia N9 akan dibangkitkan kembali. Kabar ini didukung dengan sebuah bocoran foto.

Dikutip dari Gizmochina, sebuah foto menampilkan Nokia N9 dipajang oleh KaiOS di CES 2019. Diungkap kalau Nokia N9 sebagai perangkat yang didukung Google Assistant.

Di CES 2019, Nokia N9 ini diapit dua ponsel yang menjalankan KaiOS. Yaitu Nokia 8110 4G dan JioPhone. Smartphone Nokia berwarna biru ini ada di tengahnya.

Penampakan Nokia N9 di Booth KaiOS di CES 2019. (Facebook/Kaios Technologies)

Beda dengan dua ponsel di sampingnya, smartphone Nokia N9 berwarna biru tersebut tidak dalam kondisi menyala. Layarnya gelap, nampak seperti mati.

Foto penampakan Nokia N9 di Booth KaiOS di CES 2019 ini diunggah ke fanspage Facebook KaiOS Technologies.

Dari foto ini muncullah dugaan kalau HMD Global ingin membangkitkan kembali Nokia N9. Namun tidak dengan sistem operasi Android, melainkan KaiOS.

Penampakan Nokia N9 di Booth KaiOS di CES 2019. (Facebook/Kaios Technologies)

Seperti diketahui, KaiOS adalah sistem operasi yang ditujukan untuk ponsel kelas bawah agar bisa menjalankan berbagai fitur pada umumnya smartphone.

Sama seperti MeeGo dulu yang berbasiskan Linux, KaiOS juga jadi alternatif sistem operasi ponsel dengan harga yang terjangkau.

Google sendiri memberikan dukungan pada KaiOS ini. Seperti menghadirkan Google Assistant ke ponsel berbasiskan KaiOS.

Belum ada konfirmasi resmi dari HMD Global mengenai kebangkitan Nokia N9 ini. Akankan smartphone Nokia lama ini hidup dari kuburnya?

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Bikin Banyak Orang Kegocek, Ini yang Perlu Anda Tahu tentang Nokia Minima 2100