Jum'at, 29 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini : Rabu, 06 Februari 2019 | 16:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Raksasa pencarian, Google merilis dua aplikasi baru untuk membantu pengguna dengan kebutuhan khusus yaitu Live Transcribe dan Sound Amplifier.

Dua layanan baru yang disediakan Google ini bertujuan membantu orang-orang yang kesulitan mendengar dapat berkomunikasi dengan mudah.

Sesuai dengan namanya, aplikasi Live Transcibe menggunakan mikrofon ponsel pengguna secara otomatis untuk menghasilkan teks yang akan muncul di layar.

Aplikasi Live Transcribe. (PlayStore)

Sementara itu, aplikasi Sound Amplifier, bertujuan untuk membantu meningkatkan kejelasan ucapan yang ada di sekitar pengguna.

Untuk mengembangkan dua layanan terbaru ini, Google mengatakan bahwa hal itu merupakan kerja sama dengan salah satu sekolah swasta Unviversitas Gallaudet di Washington DC, khusus untuk orang berkebutuhan khusus.

Dilansir dari laman CNET saat acara pers di San Fransisco, ''Teknologi adalah tentang inklusi, dan memberdayakan orang-orang dari semua kemampuan," kata Eve Andersson, yang menjalankan mesin pembelajaran keadilan Google dan tim teknik aksesibilitas,''

Aplikasi Sound Amplifier. (Play Store)

Saat berbicara, layar smartphone akan megeluarkan teks yang akan membantu orang-orang dengan kebutuhan khusus.

''Produk dan layanan kami hanya akan menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat jika kami mengundang orang-orang dari semua segmen masyarakat, dan orang-orang dari seluruh dunia, untuk mempengaruhi dan menciptakan teknologi.'' tambahnya.

Dua produk teranyar Google merupakan contoh dari industri teknologi yang menangani dan mempermudah akses bagi orang-orang dengan kebutuhan khusus.

Dengan aplikas ini, Google Maps dapat membantu untuk mencari tempat yang landai untuk orang-orang yang menggunakan kursi roda.

Tak hanya itu, Google juga menyebutkan bahwa tersedia lebih dari 70 bahasa yang terdapat pada aplikasi tersebut.

Selain itu, aplikasi ini juga bertugas untuk menyaring suara di latar belakang sebaik mungkin agar suara terdengar lebih jelas.

Aplikasi besutan Google Live Transcribe akan diluncurkan via program beta, sedangkan Sound Amplifier sudah tersedia di Play Store dan dapat diunduh untuk smartphone yang sudah didukung sistem operasi Android 9.0 Pie.

BACA SELANJUTNYA

Apa itu Google Gemini? Teknologi AI Pesaing ChatGPT