Kamis, 28 Maret 2024
Rima Sekarani Imamun Nissa | Amelia Prisilia : Minggu, 10 Maret 2019 | 12:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Penyiar sekaligus YouTuber, Gofar Hilman, belum lama ini memutuskan untuk membeli smartphone Samsung Galaxy S10. Tujuannya sederhana, dirinya ingin membandingkan Insta Story antara sistem operas Android dan iOS.

Dalam cuitannya pada Kamis (7/3/2019) kemarin, Gofar Hilman dengan username @pergijauh ini memutuskan keinginannya untuk membeli Samsung Galaxy S10 demi keperluan pekerjaan.

''Mo beli S10 ah buat transfer foto dari kamera mirrorles,'' tulis @pergijauh dalam cuitannya.

Alasannya membeli Samsung Galaxy S10 untuk transfer foto karena iPhone tidak mendukung Sony Play Memories.

Dalam waktu singkat, dirinya mengunggah kotak Samsung Galaxy S10 yang sudah ia beli. Gofar Hilman lalu tertarik untuk membahas mengenai Insta Story pada dua sistem operasi smartphone tersebut.

Gofar Hilman buat perbandingan Android dan iOS. (twitter/pergijauh)

''Semahal-mahalnya android, di insta story tetap terlihat murah,'' tulisnya singkat.

Mengaku sebagai pecinta smartphone Android, Gofar Hilman dibuat kecewa dengan kamera Android yang selalu menipu. Namun, ia mengaku puas dengan kemampuan Android untuk menyimpan data, pencarian file, hingga beberapa keperluan lainnya terkait pekerjaan.

''Jujur gue pecinta galaxy note, dari seri pertama gue selalu beli, buat simpen data, pencarian file, kerja dan sejenisnya android juara, tapi kamera mau dimatiin efek beautynya pun tetep aja vividnya lebay, muka sok dibagus-bagusin. Yauda balik ke aypon,'' tulis @pergijauh.

Salah satu hal menarik yang Gofar Hilman sukai dari Samsung Galaxy S10 adalah bentuknya yang tidak terlalu besar dan nyaman saat digenggam.

Gofar Hilman buat perbandingan Android dan iOS. (twitter/pergijauh)

Beralih ke fitur Insta Story, Gofar Hilman menjelaskan bahwa perlu diakui bahwa Android memiliki kualitas jelek saat mengunggah Insta Story yang diakibatkan oleh tidak stabilnya fps atau frame per second jika dibandingkan dengan iPhone.

Samsung rupanya menyadari hal tersebut dan memilih merilis Samsung Galaxy S10 dengan bekerja sama dengan Instagram melalui fitur Instagram Mode yang dibuat khusus untuk perangkat anyar Samsung ini. Janji Samsung, hasil Insta Story di perangkat ini nantinya akan lebih baik dan tidak pecah-pecah.

Gofar Hilman buat perbandingan Android dan iOS. (twitter/pergijauh)

Tes video lalu ia lakukan menggunakan fitur Instagram Mode yang ada di Samsung Galaxy S10. Hasilnya ada pada video di bawah ini.

Membuat perbandingan, Gofar Hilman lalu merekam video dengan menggunakan iPhone XS Max, seperti di bawah ini.

Berdasarkan hasil uji kamera yang ia coba, Gofar Hilman mengambil kesimpulan bahwa Samsung Galaxy S10 benar lebih unggul secara auto white balance. Namun, untuk fps dan kejernihan video, iPhone XS Max masih lebih unggul.

Gofar Hilman buat perbandingan Android dan iOS. (twitter/pergijauh)

Di akhir cuitannya, Gofar Hilman menjelaskan jika kamu lebih membutuhkan smartphone yang Instagramable, iPhone adalah pilihan yang tepat.

Namun, untuk kamu yang perlu bekerja dengan menggunakan smartphone, Android sangat cocok.

''Jadi kalo lo mentingin instagram banget, pake aypon. Kemudahan kerja, pake android. Gue mending beli dua-duanya,'' tulis @pergijauh dalam akhir cuitannya.

Itu tadi sekilas perbandingan antara Android dan iOS ala Gofar Hilman. Kalau kamu, tim Android atau iOS?

BACA SELANJUTNYA

7 Alasan Kamu Harus Pindah ke iPhone, Ada Deretan Fitur yang Tidak Ada di Android