Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 04 April 2019 | 06:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Harga iPhone terbaru mendapatkan banyak kritikan terlalu mahal. Seolang mendengarkan kritikan ini, Apple turunkan harga iPhone baru mereka.

Tapi sayangnya, penurunan harga iPhone ini hanya dilakukan Apple di pasar China saja. Belum ada mengenai penurunan harga smartphone Apple ini di kawasan lain.

Apple menurunkan harga iPhone di China semenjak adanya potongan pajak yang sudah diberlakukan sejak Senin lalu. Potongan harga tersebut untuk produk iPhone, iPad dan produk lain melalui situs resminya di China.

Dikutip dari CNN Business penurunan ada tiga poin dalam tingkat pajak pertambahan nilai penjualan yang dimulai sejak 1 April 2019. Apple menurunkan harga seperti produk terbaru iPhone XS, iPhone XR dengan potongan lebih dari tiga persen.

iPhone XS 64 GB yang terbaru dari harga 8.199 yuan setara dengan 1.220 dolar AS atau (Rp 17 juta) dipotong harga 500 yuan 74 dolar AS atau (Rp 1 juta) turun 5,8 persen. Untuk iPhone XR turun harga 300 yuan setara 45 dolar AS atau (Rp 630 ribu) turun 4,6 persen.

iPhone XS Max. (Apple)

CEO Apple Tim Cook menjelaskan, Apple sengaja menurunkan harga iPhone di beberapa pasar di luar Amerika Serikat untuk mengimbangi dolar AS yang kuat.

Penurunan pajak ini disambut baik karena penjualan Apple di China telah menurun selama lebih dari tiga tahun dan anjlok sebesar 20 persen pada kuartal terakhir.

Penurunan penjualan tersebut dikarenakan perusahaan yang berbasis di Caifornia ini menghadapi persaingan yang cukup ketat bersaing produsen domestik seperti Huawei, Oppo, Vivo dan Xiaomi yang menawarkan harga lebih murah dan smartphone kelas atas yang dirancang khusus untuk pasar China.

Diketahu, China masih menjadi pasar utama bagi Apple terhitung lebih dari 15 persen dari total penjualan.

Pendapatan di wilayah seperti Hong Kong dan Taiwan turun sekitar 27 persen menjadi 13,2 miliar dolar AS pada kuartal terakhir dibanding periode tahun lalu.

Apakah Apple akan menurunkan harga iPhone di kawasan luar China? (Suara.com/ Muslimin Trisyuliono)

BACA SELANJUTNYA

Apple Mulai Perbarui Aplikasi Health, Fitur Lebih Interaktif