Jum'at, 29 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Jum'at, 07 Juni 2019 | 08:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Oppo belum lama ini diketahui memang telah mengumumkan teknologi kamera di bawah layar miliknya. Seolah tidak mau ketinggalan, Xiaomi juga ikut pamer kamera di bawah layar dari pabrikannya.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Presiden Xiaomi yang bernama Lin Bin dalam unggahan video di Weibo miliknya. Tidak hanya di Weibo, Wang Xiang selaku VP Presiden Xiaomi juga mengunggah video tersebut ke Twitter.

Dalam video, terlihat Xiaomi Mi 9 dengan kamera selfie yang berada di bawah layar. Hampir serupa dengan demo kamera di bawah layar milik Oppo.

Konsep kamera di bawah layar ini membuat perangkat tersebut tidak menggunakan poni, lubang di layar, atau bahkan kamera selfie pop-up yang kekinian.

Dilansir dari Android Authority, Xiaomi sebelumnya sudah mengajukan paten yang mencakup fungsionalitas menggunakan dua tampilan yang bergerak bergantian. Fungsionalitas ini memungkinkan cahaya melalui sensor kamera dapat masuk.

Xiaomi perkenalkan kamera di bawah layar. (twitter/XiangW_)

Dalam akun Twitter pribadi miliknya, cara kerja perangkat Xiaomi dengan kamera di bawah layar ini dibagikan oleh Wang Xiang dalam sebuah infografis.

Empat infografis yang dia unggah ini menampilkan bagaimana layar tersebut menggunakan area transparan kecil di layar yang memiliki tingkat reflektif yang rendah.

Cara kerja ini memungkinkan cahaya dapat berjalan dua arah melalui kaca yang memberikan tapilan di layar saat pengguna membutuhkan atau menggunakannya. Selain itu, juga membuat cahaya menyinari sensor kamera saat penggunanya tengah melakukan selfie.

Jika Oppo masih pelit info dan hanya memamerkan bagaimana kamera di bawah layar bekerja, Xiaomi justru lebih terbuka.

Xiaomi perkenalkan kamera di bawah layar. (twitter/XiangW_)

Dalam cuitan tersebut, terlihat prototipe Xiaomi Mi 9 dengan desain tanpa poni, dan bagaimana kamera selfie tersebut bekerja.

Tidak diketahui kapan Xiaomi akan secara resmi memperkenalkan perangkat anyarnya dengan kamera di bawah layar ini.

Namun, banyak yang memprediksi jika perangkat Xiaomi dengan kamera di bawah layar ini akan digunakan oleh Xiaomi Mi Mix. Mengenai kebenarannya, kita nantikan kabar resmi dari Xiaomi ya.

BACA SELANJUTNYA

Xiaomi Siap Rilis Redmi Note 13 Series di Indonesia