Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 15 Juni 2019 | 13:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Tren smartphone lipat nampaknya akan tertunda karena sejumlah masalah. Setelah Samsung Galaxy Fold ditunda, kini giliran Huawei Mate x juga ikut penundaan rilis.

Jumat (14/6/2019), perusahaan asal China ini mengumumkan akan menunda penjualan smartphone layar lipat, Huawei Mate X.

Langkah itu diambil Huawei untuk melakukan pengujian tambahan setelah Samsung juga mengambil kebijakan yang sama karena Galaxy Fold mengalami masalah pada layarnya.

Smartphone lipat Huawei Mate X pertama kali diperkenalkan pada Februari dan rencananya akan dijual seharga sekitar 2.299 euro atau sekitar Rp 37 juta.

Tadinya Huawei akan menjual gawai itu pada Juni, tetapi kemudian mengumumkan penjualannya Huawei Mate X ditunda ke September mendatang.

Juru bicara Huawei mengatakan pihaknya khawatir Mate X akan mengalami masalah yang sama dengan Samsung Galaxy Fold, yang layarnya retak ketika diuji oleh sejumlah wartawan pada April lalu.

Samsung belakangan juga mengundur jadwal penjualan Galaxy Fold, meski sejumlah calon pembeli sudah mengantre untuk memesan gawai berlayar lipat tersebut.

Samsung Galaxy Fold vs Huawei Mate X. (HiTekno.com)

"Kami tidak ingin meluncurkan sebuah produk yang bisa merusak reputasi kami," kata juru bicara Huawei.

Penundaan penjualan Huawei Mate X sendiri diumumkan ketika Huawei terancam tak bisa menggunakan sistem operasi Android dari Google, setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump melarang perusahaan itu berbisnis dengan perusahaan AS.

Tetapi menurut Vincent Pang, kepala komunikasi korporat Huawei, penundaan tersebut tak ada hubungannya dengan pelarangan oleh AS.

Ia mengatakan saat ini Huawei Mate X sedang melewati sejumlah tes sertifikasi dengan beberapa operator telekomunikasi dan tes tersebut dijadwalkan rampung pada Agustus mendatang.

Kita nantikan saja kapan smartphone lipat Huawei Mate X dan Samsung Galaxy Fold saling bersaing di pasar. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

BACA SELANJUTNYA

Huawei Garap HP Layar Gulung dengan Teknologi Canggih Ini