Kamis, 18 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Senin, 08 Juli 2019 | 21:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Menurut rencana, Huawei akan merilis Huawei Mate 30 series pada akhir 2019 ini. Tidak hanya itu, rumor terbaru menyebutkan jika Huawei juga akan merilis OS HongMeng atau Oak OS bersamaan dengan kedatangan smartphone anyar ini.

Seperti yang diketahui, Huawei berencana merilis smartphone anyarnya yaitu Huawei Mate 30 dan Huawei Mate 30 Pro pada akhir 2019 ini.

Huawei Mate 30 series ini nantinya akan dibekali dengan chipset Kirin 985 yang berpadu dengan sistem operasi HongMeng atau Oak OS di China.

Vendor smartphone asal China, Huawei saat ini memang tengah melakukan pengembangan terkait sistem operasi anyarnya yaitu OS HongMeng.

Render Huawei Mate 30 Pro. (Weibo)

Hal ini dilakukan usai Huawei masuk dalam daftar hitam perdagangan di Amerika Serikat. Dampaknya, Huawei tidak lagi dapat menggunakan Google atau Android.

Namun, menurut kabar terbaru, kini Presiden Donald Trump telah menarik keputusan tersebut dan tetap membiarkan Huawei sebagai salah satu vendor smartphone asal China untuk menggunakan Android.

Penggunaan OS HongMeng ini hanya akan berlaku di China, masih belum diketahui apakah sistem operasi ini akan juga digunakan di luar China atau tidak.

Ilustrasi Android. (pixabay/mammela)

OS HongMeng atau Oak OS ini sendiri disebut-sebut merupakan sistem yang sangat kompatibel untuk semua aplikasi Android dan dapat digunakan pada seluruh perangkat smartphone, komputer, tablet, TV hingga mobil.

Huawei bahkan menjamin bahwa OS HongMeng atau Oak OS ini memiliki performa hingga 60 persen lebih cepat dari Android milik Google.

Mengenai kapan rilisnya, banyak yang menyebutkan jika Huawei Mate 30 series ini akan rilis pada 22 September 2019 mendatang.

BACA SELANJUTNYA

Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition, Hadir dengan Layar Bertekstur Serasa Kertas