Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 15 Juli 2019 | 08:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Xiaomi telah membangun pusat R&D atau riset dan pengembangan baru di Eropa. Tepatnya pusat riset dan pengembangan baru ini berada di negara asal Nokia, Finlandia.

Mengutip dari GSM Arena, pusat riset dan pengembangan Xioaomi ini berlokasi kan di kota Tampere, Finlandia sisi Selatan.

Perusahaan teknologi asal China ini juga telah mendaftarkan fasilitas riset dan pengembangan tersebut di dengan nama Xiaomi Finland Oy.

Diwartakan SuomiMobile, Nantinya di tempat ini Xiaomi bakal melakukan riset dan pengembangan produk yang difokuskan pada teknologi kamera smartphone.

Pengembangan di Xiaomi Finland Oy ini juga tempat bagi pengembangan Software R&D, sistem IT, dan peralatan telekomunikasi.

Petinggi Xiaomi Finlandia, David Arthur Felix telah ditunjuk untuk menjabat sebagai direktur pelaksana untuk perusahaan yang baru dibentuk Xiaomi ini.

Lalu bagaimana dengan Nokia sebagai tuan rumah di Finlandia? Kenapa Xiaomi berani-beraninya membangun fasilitas ini di kandang Nokia?

Fasilitas R&D Xiaomi di Finlandia. (SuomiMobile)

Ternyata, dua tahun lalu Xiaomi dan Nokia telah sepakat berkolaborasi. Dua perusahaan ini sepakat berbagi paten dan lisensi teknologi.

Nokia sepakat menyediakan teknologi dan infrastruktur jaringan. Kolaborasi ini juga memberikan akses bagi Xiaomi untuk memakai paten Nokia yang sangatlah banyak.

Jika berlangsung baik, kolaborasi ini bakal membawa Xiaomi berkembang lebih jauh lagi. Juga mendapatkan partner yang kuat dalam infrastruktur jaringan.

Xiaomi di Finlandia. (SuomiMobile)

Sayangnya tidak diketahui apa yang didapatkan Nokia dari kerjasama dengan Xiaomi ini. Apakah pusat riset dan pengembangan Xiaomi ini menguntungkan Nokia juga?

BACA SELANJUTNYA

Bersama Xiaomi 14, Dihadirkan Juga Xiaomi Watch S3, Xiaomi Watch 2, dan Xiaomi Smart Band 8 Pro di Indonesia