Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 13 Agustus 2019 | 12:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Lembaga riset pasar, Canalys telah mengeluarkan laporannya untuk pasar smartphone Indonesia. Posisi puncak kini tak lagi Samsung, melainkan Oppo.

Dalam laporan Canalys untuk kuartal kedua 2019 menyebutkan kalau terjadi pergeseran cukup drastis di pasar smartphone Indonesia.

Samsung yang selama ini menguasai pasar smartphone Indonesia harus berpuas diri untuk digusur Oppo. Brand smartphone China ini menguasai 26 persen market share.

Tah hanya mendominasi, Oppo juga mendapatkan YoY Growth atau pertumbuhan dibanding periode yang sama di tahun kemarin hingga 54 persen.

Sedangkan Samsung berada di posisi kedua untuk kuartal kedua 2019 ini dengan menguasai 24 persen market share. Meski begitu, Samsung juga mengalami pertumbuhan 10 persen.

Menyedihkan bagi Xiaomi, kali ini harus rela hanya mendapatkan 19 persen market share dan harus turun dari peringkat kedua menjadi ketiga.

Yang sangat disayangkan, pertumbuhan atau YoY Xiaomi kali ini mengalami penurunan hingga 9 persen. Dengan kata lain pertumbuhan Xiaomi melamban di kuartal kedua 2019 ini.

Oppo puncaki pasar smartphone Indonesia singkirkan Samsung. (Canalys)

Sedangkan Vivo harus puas dengan peringkat empat dengan 15 persen market share. Namun Vivo mencatatkan pertumbuhan hingga 62 persen YoY.

Sedangkan pedatang baru Realme membuat kejutan dengan mendapatkan 7 persen market share. Pencapaian yang sungguh mengagumkan untuk sub-brand Oppo ini.

Canalyst menyoroti kuatnya jaringan offline Oppo yang menguatkan pemasarannya untuk melawan Samsung. Di banding para kompetitornya yang mengandalkan penjualan online.

Nggak kebayang jika market share Oppo dan anaknya, Realme digabungkan. Pasti lebih kuasai pasar smartphone Indonesia dengan lebih dominan.

Maskot Oppo. (medium.com)

Berbeda dengan Canalys, lembaga riset pasar Counterpoint masih menempatkan Samsung sebagai penguasa pasar smartphone Indoensia disusul Xiaomi.

Dua data dari lembaga riset pasar ini memang mengambil shipment atau pengiriman barang ke pasar, baik online maupun offline bukan dari data penjualan di pasar.

Masing-masing riset punya metodenya sendiri-sendiri. Untuk Canalys, menempatkan Oppo sebagai no 1 di pasar smartphone Indonesia menggusur Samsung dan Xiaomi sekaligus.

BACA SELANJUTNYA

Update Software Samsung Galaxy S24 Series, Hadirkan Pengalaman Display Vivid yang Makin Optimal