Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 28 Agustus 2019 | 19:20 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Meski tetap memakai sistem operasi Android, Huawei Technologies juga mengenalkan HarmonyOS. Sistem operasi baru yang ditujukan untuk perangkat masa depan Huawei.

Huawei Technologies, pada Selasa (27/8/2019), memperkenalkan sistem operasi HarmonyOS di Jakarta. Raksasa teknologi asal China itu menjelaskan bahwa Harmony setidaknya memiliki 4 perbedaan dengan Android.

Meski mengaku HarmonyOS dirancang bukan sebagai pengganti Android, tetapi Senior Manager of EMUI Product Marketing, Huawei Consumer Business Group, James Lu masih saja membandingkan Harmony dengan sistem operasi buatan Google itu.

Berikut 4 perbedaan HarmonyOS dan Android seperti diklaim Lu:

1. Lebih aman

Lu mengatakan keunggulan pertama HarmonyOS dibanding Android adalah sistem keamanan kernel.

Sistem operasi Huawei itu menggunakan desain mikrokernel dengan metode verifikasi formal untuk keamanan dalam Trusted Execution Environment (TEE).

"Mikrokernel melindungi sistem keamanan dan mudah digunakan secara signifikan," kata Lu dalam jumpa media.

2. Arsitektur program terdistribusi

Perbedaan kedua, sistem operasi HarmonyOS punya arsitektur program yang terdistribusi.

Arsitektur itu memungkinkan sebagai komunikasi bersama, manajemen data, serta peripheral virtual yang juga terdistribusi.

3. Lebih stabil

Mesin laten deterministik yang menawarkan performa stabil menjadi perbedaan ketiga HarmonyOS.

Sistem itu diklaim bisa mengatasi tantangan tugas pemrograman yang berkinerja buruk selain Inter Process Communication (IPC) dengan kinerja lebih tinggi.

Mesin laten deterministik menetapkan prioritas dan batasan waktu pelaksanaan tugas untuk penjadwalan pada awal. Mikrokernel itu membuat kinerja IPC lima kali lebih efisien daripada sistem yang sudah ada.

Senior Manager EMUI Product Marketing Huawei Consumer Business Group, James Lu saat menggelar workshop HarmonyOS di Jakarta, Selasa (27/8/2019). [Suara.com/Tivan Rahmat]

4. Multi perangkat

Fitur keempat adalah Integrated Development Environment (IDE) multi-perangkat yang memungkinkan aplikasi dikembangkan dengan satu proses dan dapat digunakan di beberapa perangkat.

"Bisa tag alat, menciptakan eksosistem terintegrasi di semua perangkat pengguna," tutur James.

Huawei telah memproyeksikan semua gawai akan saling terhubung sehingga sistem operasi harus bisa digunakan untuk semua perangkat.

"Itu tantangan. Kami coba dan akui sulit. Pada masa depan, alat bisa saling terhubung dengan alat lain dan itu membutuhkan sistem keamanan. Belum ada OS yang seperti itu. Oleh karena itu, kami ciptakan HarmonyOS yang bisa mendistribusikan OS untuk semua skenario alat," kata James.

HarmonyOS telah dikembangkan pada televisi pintar Huawei di China, jam tangan pintar, dan komputer personal pada 2020 serta speaker pintar pada 2021.

James mengatakan Huawei belum berencana menjadikan HarmonyOS otak smartphone buatannya dalam waktu dekat. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

BACA SELANJUTNYA

Kolaborasi Huawei dan Telkomsel, Hadirkan Modem Orbit Star H2 dengan Paket Kuota FantaSix 150 GB