Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 29 Agustus 2019 | 21:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Samsung tidak ketinggalan mengembangkan asisten virtual dengan menghadirkan Bixby. Sayangnya banyak pengguna smartphone Samsung tak menyukainya, malah banyak yan cari tahu cara menonaktifkan Bixby.

Asisten virtual Bixby memang menawarkan fitur menarik untuk smartphone Samsung. Namun memang dirasakan masih kurang sebagai asisten virtual.

Buat kamu pengguna smartphone Samsung, apakah hendak menonaktifkan Bixby ini? Samsung memang tidak serta merta mengizinkan mematikan Bixby.

Namun tak perlu pusing, tetap ada cara untuk menonaktifkan Bixby ini. 

Berikut ini cara untuk menonaktifkan Bixby di berbagai smartphone Samsung yang dilansir dari TechRadar:

1. Smartphone Samsung dengan sistem operasi Android 9 Pie

Asisten virtual Samsung, Bixby. [Shutterstock]

Smartphone terbaru dari Samsung telah menyertakan tombol Bixby khusus di sisi handsetyang berfungsi untuk menavigasi, melakukan panggilan, hingga mengajukan pertanyaan layaknya asisten suara pada umumnya.

Untuk menonaktifkan Bixby pada perangkat Samsung dengan sistem operasi Android 9 Pie, pengguna dapat menggesek layar beranda langsung ke hub Bixby dan mengaktifkan "Bixby Key" off.

Pengguna cukup masuk ke menu Pengaturan > Fitur Lanjutan > Tombol Bixby > pilih nonaktifkan.

Jika pengguna ingin menghapus panel menu Bixby Home sepenuhnya, pengguna harus menekan pada bagian kosong dari layar beranda hingga muncul semua panel menu smartphone. Pada sudut bagian kanan atas panel Bixby Home terdapat tombol untuk menghapusnya.

2. Smartphone Samsung dengan sistem operasi Android 8 Oreo

Android Oreo. [Shutterstock]

Smartphone dengan sistem operasi Android 8 Oreo, pengguna cukup mengklik tombol Bixby yang berada di bawah kontrol volume atau geser ke kanan pada layar beranda untuk masuk ke Bixby Home.

Kemudian pilih menu tiga titik dan masuk ke menu Pengaturan > Bixby Voice. Pengguna dapat menghapus kolom "Bixby Key" pada menu ini untuk menonaktifkan akses ke Bixby jika pengguna menekan tombol samping tanpa sengaja.

Jika pengguna ingin menghapus panel menu Bixby Home, pengguna harus menekan pada bagian kosong di layar utama hingga muncul berbagai panel menu OS. Kemudian, matikan panel Bixby Home di sudut kanan atas untuk menghapusnya.

Itulah cara menonaktifkan Bixby di smartphone Samsung dengan mudah. Apakah kamu sering terganggu asisten virtual ini? (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Paten Baru Ungkap Fitur Menarik PlayStation 5, Apa Itu?