Rabu, 24 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 04 September 2019 | 12:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Steam saat ini dianggap sebagai distribusi game PC terbesar. Namun dengan datangnya Epic Games Store membuat publisher mulai berpaling.

Bahkan Ubisoft sebagai publisher game PC ternama mulai berpaling dari Steam. Bahkan hubungan mesra Ubisoft dan Steam selama ini terancam bubar.

Seperti diketahui, selama ini Ubisoft punya uPlay sebagai distribusi game PC mereka. Namun perusahaan asal Prancis ini tetap menjajakan game PC mereka di Steam.

Dalam wawancara dengan GameSpot, Chris Early, perwakilan Ubisoft menyebut model bisnis toko game PC digital dari Valve ini tidak realistis.

"Itu tidak mencerminkan di mana dunia saat ini dalam hal distribusi game," tambah Chris Early yang memperjelas posisi Ubisoft pada Steam.

Seorang juru bicara Ubisoft mengungkap mereka pilih merilis The Division 2 di Epic Games Store dibandingkan Steam karena model bisnis yang lebih bermanfaat dalam jangka panjang.

"Itu adalah keputusan bisnis untuk tidak merilis game PC baru di Steam dan fokus pada Epic Games Store dan Ubisoft Store," kata juru bicara Ubisoft.

The Division 2 tak hadir ke Steam, tapi ke Epic Games Store. (HiTekno.com)

"Ubisoft sepenuhnya mendukung Epic dan model distribusi pihak ketiga mereka, yang dalam jangka panjang bermanfaat bagi publisher baik besar maupun indie, maupun industri video game," lanjut juru bicara ini.

"Kamu berharap kemitraan ini membantu menvalidasi dan mengembangkan model (bisnis)" lanjutnya.

Tidak dipungkiri, sistem bagi hasil penjualan game PC digital yang ditawarkan Epic Games Store lebih menguntungkan dibandingkan Steam.

Jika Steam memberlakukan bagi hasil 70/30, Steam ambil 30 persen dan publisher game ambil 70 persen. Sedangkan Epic Games Store menawarkan 88 persen dari penjualan game.

Namun harus diingat, saat ini Epic Games Store belum mempunyai fitur selengkap Steam. Baik fitur untuk publisher maupun gamer.

Ubisoft sendiri mulai merilis game PC mereka di Epic Games Store tanpa menghadirkannya ke Steam. Dari The Division 2, lalu disusul Ghost Recon: Breakpoint.

Ghost Recon: Breakpoint. (Ubisoft)

Namun menurut analisis, keputusan tidak menghadirkan game PC baru ke Steam dan memindahkannya ke Epic Games Store adalah langkah untuk mendongkrak penjualan di uPlay.

Data menunjukkan penjualan The Division 2 di uPlay meningkat 10 kali lipat dibandingkan versi pertamanya. Game ini pun tetap laris manis meski tidak ada di Steam.

Hal ini karena fans The Division yang tidak suka Epic Games Store namun tetap ingin main gamenya, terpaksa membeli melalui uPlay.

Watch Dogs Legion. (Ubisoft)

Karena itu, game PC baru Ubisoft akan meluncur di Epic Games Store dan uPlay saja, dan tak akan hadir ke Steam. Termasuk Ghost Recon: Breakpoint dan Watch Dogs: Legion.

BACA SELANJUTNYA

Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm 4: Spesifikasi Minimal dan Link Download Steam serta PS