Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 13 Oktober 2019 | 09:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - GPS jadi fitur umum dan wajib untuk smartphone di masa sekarang. Dari smartphone Android murah hingga mahal semua pasti sudah dilengkapi fitur ini, namun akurasi GPS bisa berbeda-beda.

Sensor GPS pada smartphone sangat penting untuk penggunaan aplikasi dan layanan navigasi. Namun, terkadang sinyal GPS tidak akurat sesuai dengan posisi yang diinginkan.

Pasti menyebalkan jika menghadapi situasi ketika GPS tidak bisa menunjukkan lokasi yang akurat. Bisa-bisa nyasar ke lokasi antah berantah.

Lalu bagaimana cara mengatasi persoalan akurasi GPS ini? Tenang, tidak perlu khawatir dan panik.

Sebagaimana dilansir laman Android Pit, berikut beberapa cara untuk meningkatkan akurasi GPS di Android:

1. Aktifkan akurasi Google Location

Untuk mendapatkan sinyal sebaik mungkin, pengguna harus siap menggunakan baterai sedikit lebih banyak dari biasanya. Dengan mengaktifkan Google Location, pengguna dapat meningkatkan akurasi lokasi GPS.

Buka Settings pada perangkat > Location dan pastikan bahwa layanan lokasi telah aktif. Di bagian bawah Location, pilih Advanced > Google Location Accuracy. Ketuk dan pastikan Improve Location Accuracy telah aktif.

Ilustrasi GPS di ponsel pintar. [Shutterstock]

2. Tetap aktifkan sinyal GPS

Salah satu masalah utama yang ditemui saat berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya adalah GPS dimatikan untuk menghemat baterai.

Namun, untuk meningkatkan akurasi GPS, pengguna dapat tetap mengaktifkan sinyal GPS. Untuk melakukan hal tersebut, pengguna dapat menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga seperti Connected GPS. Ini merupakan aplikasi sederhana dan mudah dikonfigurasi.

3. Cari tahu apakah GPS bermasalah dengan perangkat keras atau perangkat lunak

Pengguna dapat mendiagnosis apakah sinyal GPS yang buruk disebabkan oleh masalah perangkat keras atau perangkat lunak dengan aplikasi pihak ketiga, salah satunya adalah GPS Essentials.

Dalam menu utama GPS Essentials, ketuk Satellites lalu ponsel akan terhubung ke satelit terdekat.

Jika tidak ada satelit yang muncul, maka ini bisa disebabkan oleh gangguan dari benda logam di sekitar pengguna, casing smartphone Android, atau perangkat keras GPS tidak berfungsi dengan benar.

Namun, jika satelit muncul tetapi GPS masih tidak berfungsi dengan benar, masalah tersebut disebabkan oleh perangkat lunak.

Ilustrasi GPS. [Shutterstock]

4. Refresh data GPS

Terdakang perangkat tidak berfungsi pada satelit GPS tertentu. Untuk memperbaikinya, pengguna dapat mendapat bantuan dari aplikasi pihak ketiga seperti GPS Status & Toolbox untuk menghapus data GPS dan mulai menghubungkan kembali ke satelit.

Setelah aplikasi terinstal, ketuk ikon menu dan tekan Manage A-GPS state. Pilih Reset, lalu setelah selesai, kembali ke menu Manage A-GPS state dan ketuk Download.

Itulah cara meningkatkan akurasi GPS pada smartphone Android kamu tanpa takut ribet. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

3 Cara Menggunakan Fake GPS dengan Aman di HP Android dan iPhone