Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Minggu, 10 November 2019 | 15:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pada Jumat (1/11/2019) lalu, Google secara resmi mengumumkan keputusannya untuk membeli perusahaan produsen wearable, Fitbit. Dengan harga fantastis, Google resmi berpadu dengan Fitbit.

Dilansir dari Wired, Google membeli perusahaan ini dengan nilai transaksi akuisisi mencapai 2,1 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 29,3 triliun.

Angka ini sama besar dengan nilai transaksi sebelumnya yang dibuat Google untuk mengakuisisi Motorola yaitu dengan harga 112 triliun pada 2011 lalu.

Kerja sama antara Google dan Fitbit ini membuat banyak kabar menyebutkan bahwa raksasa teknologi ini akan serius merambah dunia wearable seperti gelang pintar hingga smartwatch.

Ilustrasi Google. (pixabay/digitalfpade)

Keseriusan Google merambah dunia wearable ini tercium usai perusahaan ini di awal tahun membeli beberapa teknologi smartwatch dari perusahaan fesyen, Fossil dengan harga 40 juta dolar AS atau Rp 567 miliar.

Seolah ingin menyaingi Apple yang terkenal dengam berbagai perangkat wearable-nya, Google melalui Fitbit berharap dapat mempercepat inovasi di bidang wearable agar semakin berkembang cepat dan membuat kesehatan dalam diakses oleh siapa saja.

Berbicara mengenai produk wearable, Google sama sekali belum merilis perangkat tipe ini. Melihat chipset yang digunakan Google yaitu WearOS juga dirasa masih kalah jauh jika dibandingkan dengan milik Fitbit, Fossil, dan Samsung.

Fossil sport smartwatch. (Fossil)

Fitbit merupakan salah satu fitness tracker yang terkenal dan sempat begitu populer sebelum kemudian kehilangan minat di pasar.

Usai diumumkan untuk segera diakuisisi oleh Google, banyak yang percaya jika nilai jual Fitbit akan kembali meningkat dan akan membuat kembalinya kepopuleran perangkat ini di pasar teknologi dunia.

BACA SELANJUTNYA

Bagaimana Meningkatkan Skill SEO Lewat Praktik Website dan Kemampuan Analisis