Jum'at, 19 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Jum'at, 15 November 2019 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - DJI tengah mengerjakan teknologi yang memungkinkan siapa saja dapat melacak drone dengan smartphone yang berada di dekatnya.

Kebijakan tersebut diumumkan saat dorongan yang lebih luas untuk transparansi data di industri drone.

Dilansir dari Reuters via The Verge, teknologi pelacakan akan tersedia untuk umum dengan aplikasi di smartphone menurut pihak DJI.

Pengguna hanya perlu menggunakan WiFi untuk mengakses aplikasi dan mengidentifikasi nomor drone terdekat, lokasi, ketinggian, kecepatan dan arah drone.

Aplikasi tersebut tersedia pada tahun 2020 mendatang dan perusahaan China mengatakan tujuan dari teknologi baru tersebut adalah peningkatkan keselamatan, keamanan serta ketenangan pikiran.

Dorongan untuk teknologi identifikasi jarak jauh datang ketika industri drone ditekan untuk mencegah adanya penyalahgunaan produk-produknya, seperti memata-matai atau langsung mengganggu pesawat komersial.

Ilustrasi drone. (Unsplash/david henrichs)

Penampakan drone telah menyebabkan keterlambatan besar di bandara di seluruh dunia, dengan operator bandara menghabiskan jutaan dolar memang sistem pertahanan anti-drone.

DJI mengatakan aplikasi biatannya akan bekerja pada drone dalam jarak 1 kilometer menggunakan WiFi Aware-enabled smartphone.

Sistem ini bekerja dengan semua drone yang dibuat dalam beberapa tahun terakhir, tidak hanya yang dibuat DJI namun perusahaan belum menyelesaikan daftar drone yang akan kompatibel.

Pastinya aplikasi baru ini tidak sekuat AeroScop, sistem berpemilik untuk melacak drone nakal yang dirilis oleh DJI pada tahun 2017 silam.

Pihak DJI mengungkapkan, AeroScop memiliki kekuatan transmisi yang jauh lebih kuat, sekuat sinyal perintah dan kontrol reguler drone sehingga bisa mengontrol drone dari jarak jauh.

BACA SELANJUTNYA

Aplikasi Kalender Jawa, Memudahkan Penanggalan