Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 15 November 2019 | 10:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Smartphone Android kamu terasa lambat dan lelet? Sudah melakukan sejumlah cara untuk mengatasi lemotnya? Mungkin kamu butuh aplikasi yang mendongkrak kinerja smartphone Android kamu.

Setiap smartphone Android pasti akan terasa menjadi lambat seiring dengan lamanya penggunaan karena dipenuhi dengan file, sehingga dapat menghambat kecepatan dalam mengoperasikan perangkat.

Makin banyak file sampah di smartphone Android hanya menjadi beban bagi sistem. Namun sulit untuk menghapusnya satu-satu.

Bukan cuma sulit karena filenya banyak, namun kadang sulit dibedakan mana file yang masih digunakan sistem mana yang tidak.

Untuk mengatasi hal tersebut, tersedia berbagai macam aplikasi yang bisa membantu pengguna. Dengan aplikasi ini, kamu dengan mudah mendongkrak kinerja smartphone Android dengan mudah.

Dilansir laman Android Pit, berikut tiga aplikasi untuk meningkatkan kinerja smartphone Android:

1. SD Maid

Aplikasi ini bisa tingkatkan kinerja sistem Android, SD Maid. [Google Play Store]

Aplikasi besutan darken ini memiliki ukuran sebesar 5,3 MB. Aplikasi SD Maid membantu pengguna menjaga perangkat agar tetap bersih dan rapi untuk meningkatkan kinerja sistem.

SD Maid memiliki fitur untuk menghilangkan berkas tidak berguna, mengelola aplikasi yang sudah terinstal, mendeteksi berkas yang tersisa dari aplikasi yang telah dihapus, optimalisasi database, melakukan pembersihan aplikasi secara aktual, hingga mendeteksi beberapa gambar, musik, atau dokumen yang terduplikasi.

2. Greenify

Aplikasi ini bisa tingkatkan kinerja sistem Android, Greenify. [Google Play Store]

Greenify memiliki ukuran sebesar 2,5 MB dan dikembangkan Oasis Feng. Aplikasi ini berfokus untuk memastikan baterai perangkat bertahan selama mungkin dengan mengendalikan perilaku aplikasi pada perangkat melalui fitur hibernasi.

Untuk melakukannya, cukup pilih aplikasi yang diinginkan lalu tekan tombol "Zzzz". Greenify juga menawarkan fitur eksperimental yang memuat lebih banyak opsi untuk hibernasi. Sayangnya, untuk mengakses fitur eksperimental, pengguna harus bayar sebesar Rp 42 ribu.

3. File Commander

Aplikasi ini bisa tingkatkan kinerja sistem Android, File Commander. [Google Play Store]

Aplikasi sebesar 12 MB ini dikembangkan MobiSystems. File Commander berfokus pada bagaimana pengguna mengakses, mengelola, dan membagikan file dengan mudah.

File Commander memungkinkan pengguna melakukan lebih dari 1.200 jenis konversi dan mengubah file menjadi lebih dari 100 format lainnya, mengurutkan file berdasarkan lokasi, mengelola penyimpanan eksternal, transfer file PC, akses lokasi jaringan lokal berbasis Windows/SMB, server FTP/FTPS, hingga mode aman untuk mengenkripsi file.

Itulah tiga aplikasi yang bisa mendongkrak kinerja smartphone Android kamu yang sudah terasa lelet. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Kapan Seseorang Harus Ganti HP? Ini Patokannya