Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 21 November 2019 | 17:38 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Belum lama ini, Aplikasi Quick Apps Xiaomi kena blokir dari layanan Google Play Protect. Hal ini terjadi karena diduga bermasalah dengan privasi pengguna.

Aplikasi Quick Apps Xiaomi ini diduga telah mengumpulkan data pribadi pengguna untuk menampilkan iklan yang tertarget.

Beberapa pengguna melaporkan menerima pemberitahuan pop-up dari Google Play Protect yang memberitahu bahwa pembaruan aplikasi Quick Apps telah diblokir.

Dalam pemberitahuan tersebut tertulis "Aplikasi ini dapat mengumpulkan data yang dapat digunakan untuk melacak Anda".

Meskipun aplikasi itu tidak tersedia di Google Play Store dan didistribusikan di platform Xiaomi sendiri, Google Play Protect masih akan memindai semua aplikasi yang diinstal pada smartphone yang dilengkapi Google Play Services.

Menurut Android Police, Aplikasi Quick Apps Xiaomi memiliki akses luas ke lebih dari 55 izin yang memungkinkannya mengumpulkan data berupa nomor SIM, nomor IMEI, akses izin ke telepon, hingga merekam audio dan video.

Dari bukti yang dikumpulkan, sepertinya Xiaomi menggunakan data-data tersebut untuk menargetkan iklan kepada pengguna yang akan muncul di layar kunci, widget berita, atau dalam iklan browser.

Ilustrasi logo Xiaomi. [Shutterstock]

Meski begitu, Xiaomi mengatakan akan mengurus masalah ini dan meyakinkan pengguna bahwa aplikasi Quick Apps sepenuhnya aman.

"Kami mengetahui pembaruan terkait salah satu aplikasi sistem kami yang disebut Quick Apps. Beberapa pengguna mungkin mendapat pemberitahuan bahwa aplikasi ini diblokir oleh Google Play Protect. Kami menghubungi Google mengenai hal ini dan kemungkinan hal itu terjadi karena adanya revisi dalam algoritma Google Play Protect. Yakinlah bahwa aplikasi sistem ini benar-benar aman," tulis Xiaomi dalam sebuah pernyataan yang diterima Android Police.

Sejauh ini, aplikasi Quick Apps Xiaomi masih diblokir oleh Google Play Protect. Kita tunggu saja langkah Xiaomi mendatang. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Dibekali HyperOS dan Optik Leica Generasi Terbaru, Xiaomi 14 Akhirnya Rilis Resmi di Indonesia