Selasa, 23 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 22 Januari 2020 | 17:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Mate dan P series terkenal sebagai smartphone flagship dari Huawei yang cukup menonjol dari segi kameranya. Sebuah dokumen yang bocor menampakkan Huawei Mate 40 Pro yang membawa fitur kamera anti mainstream.

Bagaimana tidak, smartphone flagship ini membawa 8 kamera sekaligus.

Lima kamera akan ditempatkan di bagian belakang sementara 3 kamera selfie akan ditempatkan di bagian depan, tepat pada poninya.

Bocoran ini datang dari blog teknologi 91 Mobiles yang mengklaim bahwa Huawei telah mendaftarkan paten smartphone flagship-nya melalui DPMA (Deutsches Patent- und Markenamt) Jerman.

Dalam desain patennya, terlihat bahwa Huawei Mate 40 Pro masih akan membawa desain yang hampir sama dengan Huawei Mate 30 Pro.

Desain paten Huawei Mate 40 Pro. (91 Mobiles)

Perangkat pendahulu yang diluncurkan pada tahun 2019 itu membawa 4 kamera belakang yang tersusun simetris di atas modul kamera berbentuk melingkar.

Desain modul kamera berbentuk melingkar pada Mate 30 Pro masih dipertahankan pada Mate 40 Pro.

Bedanya, Huawei menambahkan satu kamera lagi tepat pada bagian tengah di antara 4 kamera belakang yang sudah tersusun secara simetris.

Jika dilihat dari sisi desain 5 kamera belakang, ini cukup berisiko dibuat meme oleh netizen.

Huawei Mate 30 Pro. (Huawei)

Pasalnya, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max yang membawa 3 kamera belakang yang tersusun dengan pola segitiga saja langsung dibuat meme pada saat peluncurannya di bulan September 2019 lalu.

Banyak netizen yang mengaitkannya dengan trypophobia, sebuah ketakutan atau rasa jijik ketika melihat banyak lingkaran yang berkerumun dalam satu tempat.

Masih belum jelas apakah Mate 40 Pro akan mendapatkan perlakuan sama seperti iPhone 11 Pro series. Namun melihat kamera yang lebih banyak, netizen mungkin bisa terpancing dalam membuat meme.

Dikutip dari Gizmochina, Huawei masih belum mengonfirmasi terkait dengan konfigurasi yang ada pada 5 kamera belakang maupun 3 kamera depannya.

Desain paten Huawei Mate 40 Pro menampakkan 3 kamera depan. (91 Mobiles)

Mate 30 Pro membawa 4 kamera belakang dengan konfigurasi 40 MP (Primer) + 8 MP (Telephoto) + 40 MP (Ultrawide) + 3D TOF.

Masih belum jelas mengenai sensor kelima pada Mate 40 Pro, namun itu bisa saja sebagai sensor makro tersendiri.

Xiaomi sudah menggunakan sensor kamera 108 MP pada Mi Note 10, Mi Note 10 Pro dan Mi Mix Alpha.

Smartphone flagship mendatang dari Samsung juga diharapkan akan membawa sensor kamera 108 MP.

Bukan tidak mungkin bahwa Huawei Mate 40 Pro juga akan membawa sensor kamera 108 MP pada akhir tahun 2020 nanti.

BACA SELANJUTNYA

Xiaomi 14 Pro Terdiri dari 2 Varian, Panel Datar dan Lengkung