Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 31 Januari 2020 | 21:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Seperti diberitakan sebelumnya, aplikasi WhatsApp tidak bisa lagi jalan disejumlah smartphone Android lama. Tepatnya pada 1 Februari 2020, kebijakan ini diberlakukan.

Tak hanya smartphone Android lawas, sejumlah iPhone dengan iOS lama pun tidak bisa menjalankan Android per 1 Febaruari 2020.

Pada Mei lalu WhatsApp sudah mengumumkan bahwa aplikasinya tidak lagi menyokong iPhone yang masih diotaki sistem operasi iOS 7 atau yang lebih lawas dan Android 2.3.7 Gingerbread atau yang lebih lama.

Sistem operasi iOS 7 diluncurkan pertama kali pada 2014 dan Android Gingerbread tersedia sejak 2010. Meski sudah tua, sistem operasi itu Android diyakini masih digunakan oleh jutaaan smartphone di dunia.

Express melaporkan, mengutip data Google, masih ada 0,3 persen smartphone Android di dunia yang menggunakan Android Gingerbread.

Terlihat sedikit memang, tetapi perlu diingat bahwa ada 2,5 miliar gawai Android di Bumi. Itu berarti masih ada 7,5 juta gawai bersistem Android Gingerbread yang beroperasi dan mereka tak akan bisa menggunakan WhatsApp mulai besok.

WhatsApp mewanti-wanti bahwa mereka yang masih menggunakan sistem operasi di atas tak akan lagi bisa membuat akun baru dan melakukan verifikasi akun.

Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay/antonbe)

"Kami ingin fokus pada platform mobile yang digunakan oleh lebih banyak orang. Meski perangkat-perangkat (lawas) ini selalu menjadi bagian penting dari kisah kami, tetapi mereka tak memiliki kemampuan yang diperlukan untuk mengembangkan aplikasi WhatsApp," beber WhatsApp.

"Ini keputusan yang berat, tetapi tepat untuk diambil agar para pengguna bisa berkomunikasi dengan lebih baik menggunakan WhatsApp," tutup aplikasi milik Facebook itu.

Bagi kalian yang masih menggunakan sistem operasi lawas ini, dianjurkan untuk memperbarui sistem operasinya agar tetap bisa menggunakan WhatsApp.

Membeli smartphone baru, yang sudah diotaki sistem lebih baru, juga tidak ada salahnya. Berminat cari smartphone Android baru agar bisa pakai WhatsApp? (Suara.com/ Liberty Jemadu).

BACA SELANJUTNYA

Dorong Pertumbuhan Bisnis Messaging, ADA Memperkuat Kemitraan Strategis dengan Meta