Selasa, 23 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 07 Februari 2020 | 15:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Apple awalnya menghadirkan layanan iCloud secara ekslusif untuk perangkat dan produk buatannya. Namun kini bisa digunakan untuk smartphone Android.

Bagaimana caranya memakai layanan cloud Apple ini di luar perangkat iOS. Ternyata menggunakan iCloud di smartphone Android ternyata cukup mudah.

Pengguna hanya perlu melakukan navigasi ke iCloud.com, baik memasukkan kredensial Apple ID pengguna yang sudah ada atau membuat akun baru.

Setelahnya, pengguna akan melihat pintasan ke aplikasi web iCloud yang tersedia, termasuk Foto, Catatan, Pengingat, dan bahkan Temukan iPhone.

Pengguna juga bisa mengelola akun iCloud dan melihat berapa banyak penyimpanan yang pengguna miliki secara total dalam satu situs web yang mudah dinavigasi.

Meski begitu, dilansir dari Android Authority, eksekusi fungsi  iCloud di smartphone Android tidak terlalu bagus. Mengingat layanan itu memang dipersonalisasikan untuk perangkat Apple.

Secara teori, pengguna mampu mengakses semua aplikasi web yang telah disebutkan sebelumnya melalui browser dekstop manapun.

Tampilan depan iCloud, layanan penyimpanan data awan Apple (Screenshot icloud.com)

Sayangnya, seorang jurnalis dari Android Authority telah mencobanya dan menemukan masalah.

Fitur Pengingat tidak dapat diakses dan Catatan tidak dapat digunakan. Di aplikasi Catatan, keyboard menghilang sehingga tidak bisa mengetik apapun.

Meski begitu, untuk melihat, mengunggah, mengunduh, dan berbagi foto dari iCloud bisa dilakukan dengan lancar. Fitur mengelompokkan foto ke dalam album dan menyembunyikan foto pun dapat berfungsi dengan baik.

Jika pengguna menggunakan smartphone Android dan Apple namun ingin iCloud tetap terintegrasi di dalam perangkat Android hanya untuk fungsi dasar, ini adalah solusi untuk menggunakan iCloud di Android.

Itulah cara mudah memakai iCloud di smartphone Android, meski belum mulus tanpa masalah. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Hello Store Kini Jadi Tempat Servis iPhone, iPad, dan Mac