Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 23 Februari 2020 | 07:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Perkembangan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) makin canggih, termasuk dalam fotografi. Termasuk membantu pengguna smartphone Android dalam mengambil foto.

Paling baru, teknologi Ai juga merambah ke pengguna nakal yang menggunakan kamera smartphone Android untuk mengambil foto telanjang.

Sebuah smartphone Android buatan Jepang bernama Tone e20 bisa mencegah penggunanya mengambil foto tak pantas. Gawai ini memiliki fitur yang disebut Smartphone Protection.

Fitur tersebut menggunakan pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan (AI) dalam aplikasi kamera untuk mendeteksi foto telanjang yang diambil pengguna smartphone.

Jika foto telanjang terdeteksi, foto tersebut otomatis terblokir dan tidak akan tersimpan di galeri smartphone Android ini.

Smartphone Android Tone e20. (gadgetmatch)

Dilansir dari CNET, Tone e20 juga dapat dihubungkan ke perangkat orang lain sehingga dapat memperingatkan orang tua atau wali jika pengguna mencoba mengambil foto yang tidak pantas.

Tone e20 dibanderol dengan harga 19.800 yen atau sekitar Rp 2,4 juta dan memiliki pengaturan tiga kamera dengan masing-masing besaran sensor 12 MP, 13 MP, dan 2 MP. Sementara kamera depannya ditanami lenda 8 MP.

Smartphone Android ini diotaki oleh chipset MediaTek Helio P22, menjalankan sistem operasi Andorid 9 Pie, memiliki layar sebesar 6,26 inci HD, dan kapasitas baterai sebesar 3.900 mAh serta keamanan pemindai sidik jari di bagian belakang.

Sayangnya, smartphone Tone E20 dengan teknologi AI canggih hanya tersedia di Jepang. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Ternyata Kominfo Pakai Teknologi AI untuk Membuat Naskah Pidato