Jum'at, 29 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini : Jum'at, 27 Maret 2020 | 09:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sejak diberlakukan kebijakan untuk melakukan aktivitas di rumah untuk mencegah penyebaran virus corona, aplikasi Zoom menjadi populer karena digunakan banyak orang untuk berinteraksi dengan teman kerja atau kuliah online.

Aplikasi ini digunakan untuk bertatap muka dengan teman kantor dan perkuliahan online agar tetap bisa berlangsung dengan baik.

Namun belum lama ini, bahwa data yang kamu gunakan di aplikasi Zoom di iOS dikirimkan ke Facebook.

Dilansir dari laporan Motherboard via Ubergizmo, mereka menemukan bahwa versi iOS Zoom mengirim data ke Facebook, bahkan jika pengguna tidak memiliki akun Facebook.

Dari data temuan mereka, data yang dikirim Zoom ke Facebook mencakup informasi penggunaan seperti ketika pengguna membuka aplikasi, detail tentang model ponsel pengguna, zona waktu dan kota tempat mereka berada.

Ilustrasi Facebook. (Unsplash/Alex Haney)

Tak hanya itu, data berupa di mana mereka terhubung hingga operator yang digunakan pengguna juga masuk dalam laporan tersebut.

Data ini kemudian bisa digunakan pengiklan untuk mengirim iklan sesuai yang bisa ditargetkan.

Zoom tidak mengungkapkan praktik ini dan tidak dilakukan dengan cara yang jelas.

Untuk kredit Facebook, mereka mengatakan pada Motherboard bahwa sesuai dengan persyaratan mereka bagi pengembang untuk menggunakan SDK mereka, pengembang ini harus transparan dengan pengguna mereka tentang data yang dikirim kembali ke Facebook.

Aplikasi Zoom sendiri mengalami pelonjakan dalam beberapa minggu terakhir karena semakin banyak orang mulai bekerja dan belajar dari rumah. Pihak Zoom sendiri belum berkomentar apa-apa mengenai laporan ini.

BACA SELANJUTNYA

Tak Lagi Pisah Ranjang, Aplikasi Messenger akan Gabung Lagi dengan Facebook