Jum'at, 29 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini : Sabtu, 28 Maret 2020 | 17:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Vendor smartphone Huawei mengklaim koleksi aplikasi Huawei diklaim tergabung dalam Huawei Mobile Services (HMS) kini sudah digunakan oleh ratusan juga orang per bulan dan karenanya siap bersaing dengan Google Mobile Services (GMS). 

CEO Huawei Consumer Business, Richard Yu, ketika meluncurkan Huawei P40 pada Kamis (26/3/2020) mengatakan bahwa HMS yang antara lain berisi AppGallery (saingan Google Play Store), Huawei Video, Huawei Music, dan Huawei Wallet kini punya 400 juta pengguna aktif per bulan di 170 negara.

Yu juga mengklaim bahwa kini ada 1,3 juta developer yang membawa aplikasi, game, dan peranti lunak lainnya ke AppGallery. Juga diklaim bahwa mitra global dan lokal di Tiongkok akan terlibat untuk memproduksi konten khusus bagi para pengguna ponsel Huawei.

Dalam peluncuran Huawei P40, Yu menunjukkan contoh konten yang diproduksi oleh perusahaan media Inggris seperti The Sunday Times, News UK, dan Talksport.

Logo Huawei. (Huawei)

Untuk video, Huawei bermitra dengan Universal Pictures, Sony Pictures Entertainment, Paramount, BBC Studios, dan konten premium lain dari Barat. Sementara soal musik, Huawei akan antara lain berkolaborasi dengan Warner Music Group, Sony Music, dan Universal Music Group.

Huawei kini sedang dalam posisi terpojok setelah pemerintah Presiden Donald Trump melarang semua perusahaan di Amerika Serikat untuk berbisnis dengan raksasa teknologi asal China itu.

AS menuduh Huawei memiliki kaitan dengan pemerintah China dan bahwa produk-produknya digunakan Beijing untuk memata-matai negara lain. Tudingan ini selalu dibantah oleh Huawei.

Alhasil Google kini tak bisa lagi mengizinkan layanannya digunakan oleh Huawei, termasuk aplikasi-aplikasi dari GMS. Beberapa ponsel Huawei, termasuk keluarga P40 tidak dibekali dengan GMS.(Suara.com/Liberty Jemadu)

BACA SELANJUTNYA

Huawei MateBook D 14, Laptop Premium Bobot Ringan dan Performa Kencang