Jum'at, 26 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Kamis, 09 April 2020 | 12:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kebijakan di rumah aja membuat banyak orang perlu cerdas memanfaatkan teknologi untuk bekerja atau belajar. Aplikasi Zoom menjadi salah satu aplikasi yang populer digunakan belakangan ini. Dicurigai curi data pengguna, berikut 6 tips aman pakai Zoom.

Sebelumnya, pakar keamanan siber sempat menyebutkan bahwa aplikasi Zoom memiliki potensi pelanggaran privasi data dan perlindungan data pribadi terkait pemetaan wajah pengguna.

Data pengguna yang dikumpulkan tersebut rupanya dapat dimanfaatkan oleh hacker untuk membuka perangkat dengan pemindaian biometrik wajah.

Kabar bahwa aplikasi Zoom curi data pengguna lalu mendapat tanggapan dari perusahaan aplikasi tersebut yang langsung membantah pernyataan tersebut.

Sebagai bentuk kewaspadaan, melansir dari netizen pemilik akun @farhanahaha, berikut 6 tips aman menggunakan aplikasi Zoom. Sebaiknya kamu memperhatikan satu demi satu tips berikut ini dan menjadi lebih bijak dalam menggunakan aplikasi Zoom.

1. Gunakan password dan jangan menggunakan Meeting ID personal

Ilustrasi video call. (Pixabay)

Agar orang lain tidak bergabung ke meeting room kamu, sebaiknya jangan gunakan password di meeting room kamu ya. Biasanya hacker akan menebak ID dengan random untuk membobol masuk ke meeting room kamu.

Selain itu, untuk event publik, buatlah Meeting ID yang unik pada pilihan 'Generate Automatically' di pemilihan Meeting ID.

2. Matikan fitur transfer file

Ilustrasi video call. (pexels/Edward Jenner)

Di bagian 'Personal > Meeting' pilih pilihan 'In Meeting' untuk mencegah penyebaran malware dan virus yang muncul. Jika ingin berbagi file, pastikan sudah mendapat kesepakatan dari partisipan yang ada dalam meeting room aplikasi Zoom tersebut.

3. Matikan fitur auto saving chats

Ilustrasi video call. (pexels/Edward Jenner)

Melalui pilihan account setting di aplikasi Zoom kamu dapat mematikan fitur auto saving chats. Hal ini berguna agar tidak ada jejak chat yang kamu tinggalkan di aplikasi Zoom ini.

4. Atur preferensi cookie

Ilustrasi video call. (pexels/Andrea Piacquadio)

Sering dianggap remeh, ternyata mengatur preferensi cookie di aplikasi Zoom adalah hal penting. Hal ini berkaitan dengan jejak digital yang akan direkam oleh aplikasi Zoom saat digunakan.

5. Aktifkan fitur Lock Out

Ilustrasi video call. (pexels/Edward Jenner)

Fitur Lock Out di aplikasi Zoom ini berguna agar tidak ada partisipan lain yang tiba-tiba masuk secara tiba-tiba. Namun, saat salah satu partisipan aplikasi Zoom keluar dari meeting room, maka sulit untuk memasukkannya lagi.

6. Ganti bakcground ruang personal

Ilustrasi video call. (pexels/Andrea Piacquadio)

Cukup simple namun sering dilupakan, agar lokasi tempat tinggalmu tidak terdeteksi dengan mudah, kamu bisa mengganti background ruang personal dengan foto lainnya.

Itu tadi 6 tips aman menggunakan aplikasi Zoom. Bijak-bijak dalam menggunakan aplikasi yang tengah populer ini ya, jangan sampai data pribadimu menjadi korban dalam penggunaan aplikasi Zoom ini.

BACA SELANJUTNYA

Asyik! Layanan Zoom di Malam Tahun Baru Digratiskan