Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 14 April 2020 | 09:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Seperti diketahui, Samsung memliki asisten virtual berbasis suara mirip Google Assistant dan Siri milik Apple. Yakni Samsung S Voice yang dikenalkan sejak 2017.

Namun sayangnya Samsung segera mematikan asisten virtual S Voice ini mulai 1 Juni 2020 mendatang. Apakah karena kalah saing dari Google Assistant?

Meski sudah lama diperkenalkan, namun Samsung jarang melakukan pembaruan ataupun memaksimalkan potensi yang dimiliki S Voice, sehingga wajar bila fitur ini bakal disuntik mati.

Setelah 1 Juni 2020, jika pengguna HP Samsung masih mencoba menggunakan S Voice, maka mereka akan menerima respon yang mengatakan "I'm unable to process your request. Try again later".

Sebagaimana lansiran laman Sammobile, Senin (13/4/2020), saat ini ada beberapa HP dan tablet Samsung yang masih menggunakan S Voice, mulai dari Galaxy A3, A5, A7, A8, A9, Galaxy Note FE, Galaxy Note 2, 3, 4, 5, Galaxy S3, 4, S5, S6, S6 edge serta Galaxy Note Pro 12.2, Galaxy W, Galaxy Tab 4, Galaxy Tab 4 8.0/10.1, Galaxy Tab S8.4, hingga S10.5.

Gedung Samsung Campus. (Samsung)

Namun, jika konsumen merupakan pengguna HP Samsung keluaran terbaru, perubahan ini tidak akan mempengaruhi HP kalian karena vendor asal Korea Selatan tersebut dalam beberapa tahun ini tidak menyematkan S Voice.

Sebagai pengingat, Samsung pertama kali memperkenalkan S Voice pada 2012 lewat HP SamsungGalaxy S III.

Sayangnya, performa asisten suara ini terbilang lambat, meskipun ia diberi kemampuan untuk mencatat pengingat dan membuat panggilan telepon.

Namun karena tidak dikembangkan, S Voice tidak memiliki kemampuan bercakap-cakap seperti Siri atau Google Assistant. Sebagai gantinya, Samsung memperkenalkan Bixby sebagai asisten digital mereka yang baru.

Itulah langkah Samsung mematikan asisten virtual S Voice yang telah lama kembangkan. Bukan karena kalah dari Google Assistant dan Siri, namun sudah ada Bixby. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

BACA SELANJUTNYA

4 Fitur Samsung Galaxy A25 5G untuk Menunjang Mabar Lebih Seru