Jum'at, 29 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini : Rabu, 15 April 2020 | 17:34 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Selaman bertahun-tahun para ilmuwan di XianwuLab Tencent Security yang telah lama mempelajari biometrik dan melakukan analisis mendalam mengenai fitur Face ID. Ilmuwan menyebut ada cara untuk melatih iPhone agar mengenali pengguna meskipun menggunakan penutup atau masker

Masker saat ini adalah sesuatu yang penting digunakan demi mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19). Namun, fitur keamanan Face ID pada iPhone tidak dapat digunakan karena menutupi wajah penggunanya.

Menurut para ilmuwan, yang dibutuhkan pengguna adalah masker wajah, kemudian melipatnya menjadi dua bagian, di mana hanya satu sisi wajah yang akan tertutupi masker.

Ilustrasi seeorang perempuan pengenakan masker kain. [Shutterstock]

"Ambil masker wajah, lipat menjadi dua bagian, lalu satukan. Kemudian satukan dua tali pengait dan kenakan di salah satu telinga," ucap para ilmuwan, seperti dikutip laman Independent, Rabu (15/4/2020).

Setelah pengguna selesai menempatkan masker di satu sisi wajah, pengguna perlu mengakses Face ID di iPhone dan memilih opsi Reset Face ID atau menyiapkan tampilan alternatif.

Dalam sebuah video berdurasi sekitar 2 menit yang diunggah di situs Weixin, ilmuwan menunjukkan cara mengatur pengenalan wajah dengan memicu "gambar berbingkai bundar dari input wajah".

iPhone 11. [Shutterstock]

"Jika masker wajah ditampilkan pada layar ponsel, itu berarti masker wajah terlalu banyak. Pengguna secara bertahap dapat mengurangi gaya tarikan saat mengamati layar hingga gambar viewfinder melingkar dari masker wajah dapat dipicu," tambahnya.

Para ilmuwan mencatat teknik ini memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi, bahkan pada model iPhone 11. Meski begitu, dalam beberapa kasus teknik ini mungkin tidak berfungsi. Tapi sejauh ini, teknik tersebut bekerja untuk model masker wajah lainnya, termasuk masker medis, masker N95, dan masker dengan katup pernapasan.(Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

Benarkah Android Lebih Ribet Dibanding iOS? Riset Menunjukkan Sebaliknya