Kamis, 25 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Selasa, 28 April 2020 | 19:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan larangan mudik saat lebaran tiba, sejumlah angkutan umum seperti bus, pesawat, kapal dan kereta api penumpang membatalkan perjalanannya.

Hal ini dilakukan pemerintah untuk memtus rantai penyebaran COVID-19 yang tengah mewabah di Indonesia.

Dilansir dari Suara.com, larangan mudik selama pandemi virus corona sudah diberlakukan oleh pemerintah. Aturan ini mulai berlaku per Jumat (24/4/2020)

Himbauan ini membuat PT. KAI juga membatalkan semua perjalanan penumpangnya hingga bulan Juni 2020.

Namun banyak pengguna jasa kereta api ini sudah memegang tiket lebaran mereka jauh-jauh hari sebelum adanya larangan mudik ini.

Sesuai dengan himbauan pemerintah, penyedia jasa kereta api menyediakan layanan pembatalan tiket kereta apinya melalui aplikasi KAI Acceess.

Bahkan pihak KAI juga memberikan pengembalian uang secara utuh untuk para pelanggannya yang membatalkan perjalanan keretanya mulai 29 April hingga 4 Juni 2020.

Jika kamu masih memegang tiket lebaran dan bingung cara membatalkan lewat aplikasi, yuk ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  • Pertama-tama kamu bisa buka aplikasi KAI Access milikmu, jika belum punya instal dulu di HP kamu ya.
  • Setelah itu lakukan registrasi akun di aplikasi KAI Acces sesuai dengan identitas kamu.
  • Langkah selanjutnya adalah, jika kamu membeli tiket di luar aplikasi KAI Access, kamu bisa memilih menu ''Tambahkan Tiket''.

 

 

Pembatalan tiket kereta via aplikasi KAI Access. (Twitter/@KAI121)

 

  • Setelah masuk menu ''Tambahkan Tiket'', kini kamu perlu memasukkan Kode Pemesanan atau Kode Pembayaran dari tiket yang kamu pesan sebelumnya.
  • Jangan lupa pastikan Nomor Identitas salah satu penumpang yang berada di dalam tiket sesuai dengan Nomor Identitas yang terdaftar di akun KAI Access kamu ya.
  • Setelah berhasil menambahkan tiket, kembali pada menu ''Beranda'' dan pilih menu ''Pembatalan''.

 

 

Pembatalan tiket kereta via aplikasi KAI Access. (Twitter/@KAI121)

 

  • Nah, untuk kamu yang melakukan pemesanan via aplikasi KAI Access, kamu bisa langsung memilih menu ''Pembatalan'' yang terdapat di bagian bawah.
  • Setelah berhasil masuk ke menu ''Pembatalan'', langkah selanjutnya adalah pilih tiket yang akan dibatalkan dan tekan detail pada tiket tersebut.
  • Jika nomor identitas sesuai dengan akun yang terdaftar di KAI Access, nantinya akan ada pilihan ''Pembatalan''.
  • Pada menu pembatalan nantinya, kamu akan diarahkan untuk mengisi nomor rekening bank untuk pengembalian dana. Nama pemilik rekening juga harus sama dengan nama penumpang yang tiketnya dibatalkan ya.

 

 

Pembatalan tiket kereta via aplikasi KAI Access. (Twitter/@KAI121)

 

  • Langkah selanjutnya, periksa detail pembatalan dan komfirmasi pembatalan tiket kereta kamu. Apabila nantinya terdapat biaya pembatalan, kamu tidak perlu khawatir karena pengembalian dana akan diberikan 100 persen sesuai dengan tiket yang dipesan.
  • Setelah berhasil, periksa kembali di menu ''Riwayat'' jika tiket kamu sudah berhasil dibatalkan.

Itulah tadi langkah-langkah kamu membatalkan tiket mudik lebaran kereta api via aplikasi KAI Access, ikuti langkah dengan hati-hati ya. 

BACA SELANJUTNYA

Tips agar Hemat Baterai HP saat Perjalanan Mudik, Ini Resep Rahasianya