Jum'at, 26 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Selasa, 12 Mei 2020 | 18:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Selain PIN ada berbagai cara untuk membuka kunci HP seperti password angka, pola dan kata sandi. Cara ini ditunjukkan untuk beberapa versi Android yang berbeda. Dilansir laman Android Pit, Selasa (12/5/2020), berikut lima cara membuka kunci smartphone saat lupa password:

1. Find My Device

Ini merupakan cara paling sederhana dan terbaik untuk mendapatkan kembali akses ke perangkat jika pengguna lupa kata sandi. Selama pengguna telah masuk ke Akun Google di ponsel, layanan ini akan sangat membantu.

Find My Device tersedia pada versi Android 2.3 atau versi yang lebih baru. Untuk mendapatkan akses, masuk ke layanan Find My Device melalui komputer dan pilih perangkat yang pengguna gunakan. Kemudian pilih opsi Lock. Ini akan memungkinkan pengguna membuat kata sandi baru untuk membuka gawai.

Aplikasi find my device. [Shutterstock]

2. Smart Lock

Versi Android yang lebih baru (5.0 atau lebih tinggi) memiliki tingkat keamanan yang lebih ketat daripada yang lebih lama. Ponsel Android dengan versi ini dilengkapi dengan fitur Smart Lock yang memungkinkan pengguna membuka smartphone secara otomatis dalam kondisi tertentu, seperti ketika terhubung ke jaringan Wi-Fi rumah.

Dalam hal ini, ketika pengguna lupa pola atau kata sandi, pengguna dapat pulang ke rumah untuk membuka kunci ponsel karena telah terhubung dengan Wi-Fi rumah.

3. Opsi keamanan pihak ketiga

Beberapa produsen smartphone sering menggabungkan perangkat lunak keamanan mereka sendiri ke dalam perangkat, seperti Find My Mobile milik Samsung. Fitur-fitur tersebut dapat sangat berguna untuk membuka kunci layar, tetapi pengguna harus mengaturnya terlebih dahulu.

4. Gunakan akun Google

Ilustrasi Gmail di desktop. [Shutterstock]

Untuk versi Android 4.4 atau yang lebih rendah dapat menggunakan akun Google untuk membuka kunci ponsel.

Jika pengguna telah mencoba lima kali membuka kata sandi, ponsel pengguna akan terkunci. Pada layar, pengguna akan melihat opsi Lupa Pola. Klik opsi tersebut lalu masuk ke Akun Google. Setelah diautentikasi dengan Akun Google, pengguna akan dapat memilih PIN, pola, atau kata sandi baru untuk membuka ponsel.

5. Factory reset

Opsi terakhir adalah melakukan factory reset atau reset pabrik. Tetapi opsi ini harus dilakukan dengan hati-hati karena ini akan menghapus semua data di perangkat.

Metode termudah untuk melakukan ini dengan kondisi ponsel yang terkunci adalah dengan masuk ke Find My Device Google secara online. Dari sini, pengguna memiliki opsi untuk melakukan reset pabrik yang lengkap.(Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

3 Cara Membuka HP yang Lupa Password Sendiri, Mudah Banget