Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 28 Mei 2020 | 09:41 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Xiaomi dan sub-brand Redmi diketahui tengah rajin meluncurkan HP baru mereka. Namun paling baru, Xiaomi mulai bersiap untuk mendukung jaringan 5G.

Sejak awal tahun 2020, Xiaomi dan Redmi terus meluncurkan HP 4G. Namun ini akan berubah di akhir tahun mendatang.

Jika diamati lebih teliti lagi, sebagian besar produk yang mereka luncurkan di China, sudah mendukung jaringan 5G. Terkait hal ini, CEO Xiaomi Lei Jun angkat bicara.

Dalam sebuah wawancara bersama Xinhua, Lei Jun mengatakan bahwa perusahaan yang dipimpinnya memang sengaja mengurangi produksi HP 4G.

Bahkan pada akhir tahun ini, Xiaomi diharapkan sudah tidak membuat lagi HP dengan jaringan telekomunikasi generasi keempat itu dan beralih mengembangkan penelitian jaringan 6G dan pembuatan satelit.

Sebagai gantinya, seluruh HP besutan Xiaomi dan Redmi yang meluncur pada tahun depan ditargetkan sudah mengadopsi teknologi 5G.

Menurutnya, 5G akan merevolusi industri karena akan banyak diaplikasikan dalam konferensi video 4K / 8K, cloud gaming (streaming game), kendaraan otonom, dan kegiatan otomatisasi lainnya.

Ilustrasi logo Xiaomi. [Shutterstock]

Demi mencapai target tersebut, lanjut Lei Jun, Xiaomi dan Redmi diarahkan untuk membuat perangkat berbasis 5G agar bisa lebih cepat beradaptasi.

Sayangnya, dilansir laman Gizmochina, Kamis (28/5/2020), wabah Covid-19 di China sangat memengaruhi rantai pasokan perusahaan.

Bahkan, pandemi ini memaksa Xiaomi untuk melakukan subsidi senilai 250 juta yuan atau lebih dari Rp 516 miliar kepada manufaktur pembuat HP Xiaomi untuk meningkatkan produksi HP 5G.

Selain itu, Xiaomi juga akan berinvestasi lebih dan fokus untuk mengembangkan ekosistem AIoT yang terkoneksi dengan jaringan 5G.

Terakhir, Xiaomi juga telah memulai pra-penelitian tentang 6G serta teknologi internet berbasis satelit. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

BACA SELANJUTNYA

Bersama Xiaomi 14, Dihadirkan Juga Xiaomi Watch S3, Xiaomi Watch 2, dan Xiaomi Smart Band 8 Pro di Indonesia