Selasa, 16 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 03 Juni 2020 | 12:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sempat heboh aplikasi yang bernama Remove China Apps yang berdar di Google Play Store. Aplikasi ini akan menandai beberapa aplikasi yang dikembangkan di China.

Bahkan saking ramainya, aplikasi Remove China Apps tersebut sampai jadi salah satu aplikasi yang paling banyak didownload di Google Play Store.

Setelah ramai, Google pun akhirnya memutuskan untuk menghapus aplikasi tersebut dari Play Store.

Pengembang aplikasi mengatakan bahwa mereka menggunakan riset pasar untuk menentukan negara asal aplikasi.

Sementara judul aplikasi membuatnya seolah-olah secara otomatis menghapus aplikasi yang dikembangkan di China.

Pengembang mengatakan bahwa akan mencantumkan aplikasi dan nama negara masing-masing, pilih aplikasi yang ingin Anda hapus dan aplikasi yang ingin Anda simpan, dan hapus instalasi aplikasi satu per satu dalam satu klik.

Daftar Google Play Store mengatakan bahwa aplikasi itu sedang dikembangkan hanya untuk tujuan pendidikan.

Remove China Apps di Google Play Store yang sudah dihapus. [Phonearena]

Sebagaimana dilansir Phonearena mengutip Android Authority, Rabu (3/6/2020), aplikasi anti-china itu memiliki satu juta pemasangan terdaftar hingga akhir hari Minggu dan jumlah itu melonjak menjadi lima juta kemarin.

Pengembang, OneTouch AppLabs, terletak di India di mana sentimen anti-China meningkat. Situs web pengembang menyatakan bahwa tujuan pembuatan aplikasi adalah untuk mendukung seruan Perdana Menteri India Narendra Modi untuk "Atm Nirbhar Bharat" atau India yang mandiri.

Pengembang menyatakan bahwa Remove China App akan membantu orang untuk mendukung 'Atm Nirbhar Bharat' dengan mengidentifikasi negara asal aplikasi yang diinstal di HP Android mereka.

Pengembang juga menyebut aplikasi aman untuk dipasang karena tidak meminta izin dari HP Android Anda.

Android Authority menguji Remove China Apps dan menemukan bahwa ia mengambil TikTok dan Xiaomi's Mi Remote pada HP Android, tetapi gagal menandai PUBG Mobile dari pengembang China Tencent Games.

Ini juga tidak berfungsi dengan aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya yang diinstal pada smartphone China.

Itulah aplikasi Remove China Apps yang dihapus dari Google Play Store setelah ramai dalam beberapa hari ini. (Suara.com/ Dythia Novianty).

BACA SELANJUTNYA

Kapan Seseorang Harus Ganti HP? Ini Patokannya