Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 27 Juli 2020 | 21:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Canon melalui PT Datascrip resmi mengenalkan dua kamera mirrorless full frame baru. Yakni Canon EOS R5 dan Canocn EOS R6.

Dua kamera mirrorless full frame ini menawarkan fitur-fitur menarik bukan cuma untuk fotografi, namun juga videografi di Tanah Air.

Kedua kamera Canon ini dirancang khusus untuk menghadirkan pengalaman bagi para fotografer dan videografer.

Dilengkapi prosesor gambar DIGIC X, sistem AF terbaru, kecepatan continuous shooting hingga 20 fps, teknologi 5-axis In-Body IS, slot kartu memori ganda, serta bodi magnesium alloy, kedua kamera ini menjadi unggulan baru di kelasnya.

"Kami percaya bahwa kehadiran Canon EOS R5 dan EOS R6 ini akan membuka ruang kreativitas baru bagi para pencinta fotografi dan videografi di tanah air. Terlebih secara khusus Canon EOS R5 adalah kamera mirrorless full-frame Canon pertama yang dapat merekam video dengan kualitas 8K sehingga pengguna dapat lebih leluasa berkreativitas untuk menghasilkan karya terbaik mereka," ujar Merry Harun – Canon Business Unit Director, pt. Datascrip melalui keterangan resminya.

Dengan sensor CMOS full-frame 45 megapiksel yang mendekati resolusi kamera medium format, Canon EOS R5 mampu memenuhi menghasilkan karya visual terbaik dalam format cetakan besar.

Kamera Canon EOS R5 dan EOS R6 dilengkapi prosesor gambar generasi terbaru DIGIC X, yang sebelumnya disematkan pada kamera DSLR flagship Canon EOS-1DX Mark III.

Canon EOS R5 dan EOS R6. [Datascrip]

Electronic Shutter di Canon EOS R5 dan Canon EOS R6 mampu memotret pada mode continuous shooting hingga 20 fps pada resolusi penuh, bahkan dalam kondisi fitur pelacakan AutoFocus (AF) dan Auto Exposure(AE) yang tetap aktif.

Fitur ini sangat membantu untuk fotografer aksi cepat, seperti fotografi olahraga atau satwa liar. Teknologi ini menempatkan kedua kamera EOS R5 dan EOS R6 diklaim sebagai kamera mirrorless full-frame tercepat di kelasnya.

Prosesor DIGIC X juga mampu mengurangi noise, sehingga Canon EOS R5 dapat memotret hingga ISO 51.200 yang dapat ditingkatkan hingga 102.400.

Sementara Canon EOS R6 yang dibekali sensor CMOS full-frame 20 megapiksel, dapat memotret hingga ISO 102.300 dan dapat ditingkatkan hingga 204.800.

Teknologi Dual Pixel CMOS AF pada EOS R5 dan EOS R6 disempurnakan dan diberi nama Dual Pixel CMOS AF II, sehingga dengan paduan kecepatan prosesor DIGIC X kecepatan autofocus kedua kamera ini meningkat signifikan.

Autofocus kedua kamera ini tidak hanya mampu mengenali tubuh, tetapi juga kepala dan mata subjek. Untuk pertama kalinya dalam jajaran EOS, area jangkauan AF diperluas hingga mencakup seluruh permukaan sensor (100% vertikal dan 100% horizontal).

Peningkatan jumlah titik AF untuk kedua kamera ini pada mode otomatis bertambah tujuh kali lipat dari seri EOS R menjadi 1.053 titik AF. Posisi AF yang dapat dipilih secara manual pada EOS R5 adalah 5.940 titik, sementara EOS R6 memiliki 6.072 titik.

Canon EOS R6. [Datascrip]

Kamera Canon EOS R5 dan EOS R6 hadir dengan teknologi 5-axis In-Body Image Stabilizer (In-Body IS). Dengan menggunakan algoritma baru, DIGIC X membaca data sinyal gyro dengan cepat menghasilkan efek stabilisasi gambar yang lebih tinggi.

Saat dipasang lensa berteknologi Optical Image Stabilizer (Optical IS) kinerja stabilisasi gambar bisa mengompensasi kecepatan rana hingga 8-stop.

Harga yang ditawarkan PT Datascrip untuk Canon EOS R5 Body Only seharga Rp 69.883.000, Canon EOS R5 with lens 24-105mm L IS USM dengan harga Rp 88.648.000.

Sedangkan Canon EOS R6 Body Only seharga Rp 47.883.000, Canon EOS R6 with lens 24-105mm L IS USM dengan harga Rp 67.036.000, dan Canon EOS R6 with lens 24-105mm IS STM dengan harga Rp 54.353.000.

Itual dua kamera mirrorless terbaru dari Canon. Yakni kamera Canon EOS R5 dan Canon EOS R6. (Suara.com/ Dythia Novianty).

BACA SELANJUTNYA

Kamera Andalan untuk Pemula, Cek Harga Canon EOS R100