Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 04 Agustus 2020 | 14:08 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Oppo Reno4 telah disiapkan untuk meluncur di Tanah Air pada Agustus 2020. Seperti apa fitur-fitur yang diunguulkan HP baru ini?

Yang pertama ditawarkan HP baru Oppo ini adalah desain yang ramping, gaya dan trendi. Karena memang didesain untuk mendukung gaya anak muda kekinian.

Desain Ramping, Gaya, dan Trendi

Tantangan terbesar produsen smartphone adalah membuat keseimbangan perangkat yang nyaman digenggam, dan menghadirkan fitur terbaru pada perangkat, dengan tetap mempertahankan desain yang ramping untuk memberikan kenyamanan pada penggunanya.

Oppo Reno4 dibangun melalui kekuatan research & development (R&D), dengan mengoptimalkan desain produk untuk meminimalkan dimensi dan bobot perangkat.

Tidak hanya fokus pada perangkat yang ramping, OPPO mengoptimalkan setiap milimeter ukuran dimensi dan mengurangi setiap gram dari bobot sehingga tercipta HP baru ini dengan berat 165g dan ketebalan 7.7mm, menghadirkan desain yang sangat ergonomis saat digenggam.

Oppo Reno4 dan Cinta Laura Kiehl. (Oppo Indonesia)

Mengoptimalisasikan Dimensi Perangkat

Bagian penampang belakang Oppo Reno4 diperkuat dengan menggunakan lembaran baja yang tahan panas dan menjadikan bodi lebih tipis 0,15mm.

Selain itu, seri HP baru ini memiliki komponen tertentu pada mainboard yang bisa mengurangi ketebalan perangkat hingga 0,3mm. Reno4 juga menggunakan Hidden Fingerprint Unlock 3.0 yang memiliki ketebalan hanya 0,27mm.

Desain Penampang Belakang Premium

Reno4 memiliki Quad-Cam dengan frame kamera yang sedikit timbul di bagian belakang. Seri Reno4 memadukan dua tekstur yang berbeda. Di bodi bagian belakang sisi kiri atas bagian, sebuah bingkai persegi panjang mengakomodasi keempat kamera belakang yang hadir dengan warna mengilap.

Tata letak Quad-Cam ini membuat tampilan Reno4 terlihat futuristik dan desain perangkat tampak lebih modern. Penampang bagian belakang perangkat ini diperkuat dengan kaca Corning Gorilla Glass 3.

Inovasi Warna yang Unik

Reno4 memiliki pilihan warna Space Black, yang tampak seperti ruang misterius dengan bintik-bintik terang.
Meskipun penampang belakang memiliki warna gelap, tetap akan terlihat mengilap ketika terkena efek cahaya.

Pada bagian bawah, terdapat monogram logo OPPO, yang tampil layaknya desain brand fesyen kelas atas, menegaskan kesan elegan dan bergaya.

Galactic Blue merupakan warna unik pada Reno4 dengan teknik "Reno Glow". Teknik baru "Reno Glow" yang diperkenalkan pada Reno4 Series memberikan sentuhan akhir berupa tekstur matte, dengan detail kilauan sangat halus yang menyajikan nuansa lebih premium.

Penampang ini terdiri dari banyak lapisan dengan warna campuran biru. Warna biru tua terpancar dari tengah ke atas, menghasilkan warna perak dengan transisi alami.

Galactic Blue juga menghadirkan penampang belakang dengan tekstur premium, campuran bahan bertekstur matte dan gloss yang unik dikombinasikan dengan efek pembiasan cahaya nan memesona.

Fitur Camera Oppo Reno4

Oppo Reno4. (Oppo Indonesia)

AI Color Portrait Mode

Artificial Intelligence (AI) Color Portrait Mode merupakan fitur baru yang mendukung fungsi foto dan video, membuat latar belakang menjadi hitam dan putih sekaligus menjaga objek manusia dalam warna yang sebenarnya.

Fitur ini menampilkan warna yang sangat jelas dan kontras sehingga membuat hasil foto terlihat seperti sebuah karya seni yang akan menjadi tren di kalangan anak muda. Lebih menarik lagi, AI Color Portrait juga tersedia untuk perekaman video.

Monochrome Video

Monochrome Video atau video monokrom merupakan gabungan dari tiga jenis filter video yang menambahkan efek yang menyerupai film layar lebar dengan hanya mempertahankan warna merah, hijau, atau biru dari objek di dalam video, sementara lingkungan yang lain dalam video hanya memiliki warna hitam dan putih.

Fitur di atas juga mendukung real-time preview agar pengguna mengetahui tampilan hasil rekaman terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengambil gambar.

Night Flare Portrait

Night Flare Portrait didukung oleh algoritma Low Light HDR dan algoritma bokeh, fitur ini akan menghasilkan efek neon nan artistik pada bagian background (latar belakang) objek foto orang.

Efek ini akan terlihat hasilnya ketika pengambilan foto dilakukan di lokasi yang sarat dengan kelap-kelip lampu perkotaan, yang membuat objek foto tampil lebih cerah.

960fps Smart Slow Motion

Dengan 960fps Smart Slow Motion, Anda akan dapat menangkap 960 frame dalam satu detik dan menangkap bidikan gerak lambat di tengah-tengah sebuah video aksi, baik saat Anda menangkap ekspresi mikro sepersekian detik, atau saat Anda memercikkan air atau bubuk berwarna.

Oppo Reno4 juga dapat mengambil video gerakan lambat dalam 480fps @ 1080P, 240fps @ 720P, dan 120fps @ 1080P di kamera belakang. Reno4 juga memungkinkan pengguna untuk mengambil video gerak lambat dalam 240fps @ 720P dan 120fps @ 1080P dengan kamera depannya.

Ultra Steady Video 3.0

Pada perangkat Reno4, Mode Ultra Steady akan melakukan debut pada kamera depan untuk pertama kalinya. Kamera depan Reno4 dilengkapi dengan algoritma Electronic Image Stabilization.

Front Ultra Steady Video dapat bekerja dengan sebagian besar filter pada 30fps @ 720P dan 30fps @ 1080P, dan dengan bokeh dan fitur percantik video di 30fps @ 720P.

Ultra Steady Video 3.0 menggunakan stabilisasi gambar yang disempurnakan guna mempermudah pengguna untuk menangkap video yang stabil dari sebuah aktivitas berintensitas tinggi.

Selain itu, kamera belakang HP Oppo Reno4 dilengkapi Video Ultra Steady dan Ultra Steady Video Pro yang memungkinkan pengguna merekam video lebih stabil pada saat berjalan, berlari, atau bersepeda.

Ultra Night Selfie Mode

Didukung oleh kamera depan 32MP, Reno4 menawarkan Ultra Night Selfie Mode untuk mengoptimalkan foto selfie malam hari dengan mencerahkan lingkungan kurang cahaya dan objek foto, terutama pada wajah.

Ultra Dark Mode

Fitur Ultra Dark Mode dapat bekerja secara otomatis ketika mengambil foto pada lingkungan temaram dengan kamera belakang Oppo Reno4.

Kamera secara otomatis menerangi lingkungan yang gelap sehingga foto menjadi lebih cerah dan jelas, walaupun hanya ada 1 lux cahaya atau setara 1 buah lilin yang menyala dalam sebuah ruangan gelap.

Ultra Clear 180MP Image

Reno4 dapat mengambil foto yang sangat jernih hingga 108MP pada siang hari dengan algoritma resolusi tinggi yang menonjolkan gambar dengan kejelasan tingkat retina untuk menangkap detail dan tekstur yang kaya, seperti saat memotret bidikan close-up dari sebuah makanan yang lezat.

SoLoop

Tersedia dalam ColorOS 7.2, editor video pintar yang dibuat khusus untuk HP OPPO, SoLoop, menawarkan lebih banyak fitur menarik yang telah diperbarui untuk mempermudah pengguna dalam membuat video hanya dengan satu ketukan.

SoLoop menawarkan editor musik yang dapat secara otomatis memotong rekaman dan menyinkronkannya dengan perubahan melodi musik.

SoLoop menggunakan algoritma AI untuk secara cerdas memilih bagian paling menarik dari sebuah potongan video.

Fitur, Perangkat Keras & Perangkat Lunak

Oppo Reno4. (Instagram/ Aryo Meidianto A)

Qualcomm Snapdragon 720G

HP Oppo Reno4 dilengkapi dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 720G SoC yang dibuat dengan proses fabrikasi 8nm dan Low Power DDR4X Semiconductor.

Dibandingkan dengan MTK P95 pada Reno3 Pro, kinerja CPU single-core meningkat sekitar 46% dan kinerja CPU multi-core meningkat sekitar 26% berdasar hasil tes Geekbench. Sementara itu, kinerja GPU meningkat sekitar 40% menurut hasil tes Manhattan.

30W VOOC 4.0

VOOC 4.0 mendukung pengisian daya hingga 5V / 6A 30W, yang dapat mengisi daya baterai 4015 mAh hingga 50% dalam 20 menit dan 100% dalam 57 menit.

AON Smart Sensor

OPPO memutuskan untuk menerapkan AI-enhanced smart sensor untuk fitur Smart Spying Prevention, yang dibangun dengan memanfaatkan sensor berdaya rendah dan kombinasi algoritma pengenalan cerdas.

Sensor tidak hanya dapat digunakan dalam perlindungan privasi, tetapi juga dapat memperluas fungsi pada fitur Smart AirControl, Smart Rotation, dan Smart Always On.

Smart Spying Prevention

Ketika Oppo Reno4 menerima pesan, sensor pintar yang telah disempurnakan dengan fungsi kecerdasan buatan pada ponsel dapat mengidentifikasi hanya pemilik ponsel yang boleh membuka layar.

Jika tidak, konten notifikasi akan disembunyikan untuk melindungi privasi pengguna.

Untuk lebih spesifik, algoritma pencegahan privasi ini dibangun selaras dengan perangkat keras berupa sebuah sensor yang canggih. Sensor ini akan secara otomatis menganalisa beberapa wajah dalam berbagai keadaan dan skala.

Jika hanya 1 (satu) wajah yang terdeteksi, maka kamera utama akan dihidupkan untuk mengidentifikasi wajah pemiliknya sendiri; jika ya, maka akan ditampilkan seluruh pesan.

Jika sensor mendeteksi ada lebih dari satu orang (atau tidak ada orang) yang menghadap ke layar, maka pemberitahuan akan tetap ditampilkan tetapi konten tidak akan ditampilkan.

Smart Air Control

Reno4 merupakan ponsel OPPO pertama yang menghadirkan full-screen gestures ke lini seri ini. Smart AirControl memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat Reno4 tanpa menyentuh layar.

Dengan fitur ini pengguna dapat menggulirkan halaman layar baik ke arah atas dan ke bawah halaman pada beberapa aplikasi populer seperti YouTube, Facebook, Instagram, dan TikTok.

Fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk menjawab panggilan telepon tanpa menyentuh layar, yang sangat berguna pada situasi pandemi seperti saat ini guna mengurangi intensitas bersentuhan dengan layar.

Smart Always On Display

OPPO menerapkan fungsi yang akan meningkatkan pengalaman pengguna, seperti "Smart Always On Display".

Fitur ini dapat mengidentifikasi wajah pengguna yang terus-menerus mengamati layar perangkat, sehingga layar tidak akan mati. Fitur ini membuat Reno4 lebih cerdas dan memberikan pengalaman penggunaan yang lebih baik.

Pada tingkat perangkat lunak, algoritma pencerahan khusus akan membuat sensor bekerja lebih baik pada cahaya rendah.

Bahkan ketika tingkat pencahayaan lebih rendah dari 1 lux, Smart Sensor dengan penyempurnaan kecerdasan buatan dapat berfungsi sangat baik.

BACA SELANJUTNYA

Tak Hanya POCO X6 5G, POCO M6 Pro Juga Hadir ke Indonesia pada 1 Februari 2024