Selasa, 16 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Senin, 31 Agustus 2020 | 11:27 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sejak pandemi, beberapa kegiatan harus dilakukan via online, termasuk sekolah, bekerja hingga seminar. Banyak platform video call seperti Zoom atau Google Meet. 

Selama menggunakan Zoom, ada hal-hal yang harus diperhatikan agar tidak menganggu pengguna lainnya yang terlibat saat melakukan panggilan video.

Dilansir dari Cnet, Senin (31/8/2020), ini lima hal yang tidak boleh dilakukan selama panggilan Zoom berlangsung:

1. Mengetik atau mengeluarkan suara saat tidak dalam mode mute

Ilustrasi aplikasi Zoom. (Unsplash/Allie)

Selalu ada seseorang yang lupa untuk mengaktifkan fitur mute dan tiba-tiba terdengar suara ketikan keyboard yang keras atau suara menganggu lainnya.

Nonaktif fitur mute, tidak hanya menganggu secara umum, tetapi juga tidak menghormati orang yang mencoba menyampaikan sesuatu ketika berbicara.

Zoom memiliki trik praktis untuk membantu pengguna menghindari orang seperti itu dengan mengaktifkan fitur mute otomatis. Buka Pengaturan > Audio > Bisukan mikrofon. Untuk mengaktifkan suara dengan cepat saat diperlukan, cukup tekan dan tahan bilah spasi ke bawah.

2. Makan, minum, atau merokok

Dalam panggilan video grup yang lebih kecil, makan, minum, atau merokok selama video berlangsung adalah gangguan besar, terlebih lagi jika berada di kantor.

Jika itu adalah pertemuan yang lebih santai, tidak masalah untuk melakukannya. Namun dalam pertemuan yang lebih kecil, sebaiknya pengguna menanyakan kepada peserta Zoom apakah keberatan untuk melakukan hal tersebut.

3. Melihat ponsel atau laptop

Hanya karena pengguna berada di rumah, bukan berarti semua peserta tidak dapat melihat pengguna menatap ponsel alih-alih memperhatikan video meeting. Jauhkan ponsel pengguna dalam posisi terbalik agar pengguna tidak tergoda untuk melihatnya.

Memalingkan muka dari kamera ke konten lain di laptop atau monitor juga cukup terlihat jelas dan itu bukan sesuatu yang baik. Minimalkan tab lain dan fokus pada pertemuan atau nonaktifkan kamera jika pengguna tidak dapat memberikan perhatian penuh kepada pembicara.

4. Pergi tanpa alasan

Jika pengguna perlu pergi dan meninggalkan tampilan layar karena alasan apapun, seperti ke kamar mandi, beri tahu orang lain jika bisa, baik secara lisan atau dalam opsi obrolan. Dengan begitu, pengguna tidak terlihat seperti menghilang begitu saja tanpa alasan.

Aplikasi Zoom. [Shutterstock]

Jika tidak, lebih baik mengangkat jari untuk menunjukkan "1 menit" dan mematikan kamera video sampai pengguna kembali ke panggilan.

5. Mengarahkan kamera ke sudut yang aneh

Kamera web bisa menjadi rumit. Pengguna mungkin mengira laptop telah dalam posisi yang baik di atas meja, tetapi semua peserta obrolan dapat melihat sudut berbeda.

Hindari hal ini dengan menopang bagian bawah laptop agar telihat lebih tinggi atau sejajar dengan mata atau setengah badan.

5 Hal di atas sebaiknya tidak kamu lakukan selama panggilan Zoom berlangsung demi menjaga perilaku dan tak mengganggu perserta lainnya. (Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

5 Tips Jitu Belanja POCO C65 Aman dan Nyaman di Toko Online