Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 31 Agustus 2020 | 19:11 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Huawei telah mengembangkan sistem operasi mereka sendiri, yakni HarmonyOS. Namun hingga akhir tahun ini, dipastikan HP Huawi masih memakai Android belum ganti ke OS baru tersebut.

Hal ini ditegaskas CEO Huawei Consumer Business Group, Richard Yu, yang membantah akan ada HP Huawei yang menjalankan HarmonyOS pada akhir tahun ini.

Richard Yu secara resmi mengonfirmasikan bahwa tidak akan ada HP Huawei seperti yang dirumorkan, setidaknya sampai akhir tahun ini.

Sebagaimana melansir laman Suara.com dari Gizmochina, Senin (31/8/2020), Richard Yu, baru-baru ini menghadiri Yabuli Forum Qingdao Summit (via Sina). Dalam pertemuan itu, dia ditanyakan seputar kehadiran HP Huawei yang didukung HarmonyOS.

Dia menjawab bahwa tidak ada rencana untuk merilis perangkat tersebut tahun ini. Namun, bukan berarti tidak akan rilis tahun depan. Dengan kata lain, Yu mengilangi pidato pengumuman HarmonyOS tahun lalu.

Ilustrasi HarmonyOS. (Gizmochina)

Dia juga menyebutkan bahwa Android menjadi pilihan sistem operasi pada HP karena ekosistem dan mitranya. Tetapi mereka akan terus mengembangkan dan merilis perangkat dengan HarmonyOS agar dapat mandiri dalam jangka panjang.

Sementara itu, Senior Vice President Huawei, Vincent Yang, membuat pernyataan serupa tahun lalu bahwa mereka akan mempertahankan satu ekosistem dengan Android. Namun, HarmonyOS akan terus sebagai rencana B, jika terjadi skenario terburuk.

HarmonyOS sendiri merupakan sistem operasi yang dikembangkan sendiri oleh Huawei dan telah berlangsung selama tiga tahun. Tahun lalu, perusahaan tersebut secara resmi mengumumkan versi pertamanya dalam gelaran Huawei Developer Conference (HDC) 2019.

Saat ini, sistem operasi Huawei tersebut hanya dapat ditemukan di smart TV-nya. Namun, menurut peta jalan yang dibagikan perusahaan tersebut pada tahun lalu, HarmonyOS 2.0 akan mendukung PC, mobil, dan perangkat pintar yang dapat dikenakan.

Diharapkan kehadirannya akan diumumkan dalam HDC 2020, pada 10 hingga 12 September mendatang. Meskipun tidak akan ada HP Huawei yang menjalankan HarmonyOS tahun ini, Mate Watch kabarnya akan dibekali sistem operasi tersebut.

Itulah kepastian tidak adanya HP Huawei yang menggunakan HarmonyOS tahun ini. Namun masih memakai sistem operasi Android. (Suara.com/ Dythia Novianty).

BACA SELANJUTNYA

7 Alasan Kamu Harus Pindah ke iPhone, Ada Deretan Fitur yang Tidak Ada di Android