Selasa, 19 Maret 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Rabu, 16 September 2020 | 21:07 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Bagaimana cara cek IMEI smartphone atau handphone dengan mudah, untuk selanjutnya mengetahui apakah termasuk HP ilegal atau tidak?

International Mobile Equipment Identity atau lebih dikenal IMEI seharusnya ada di setiap HP. Bahkan di sejumlah perangkat komunikasi dan elektronik memiliki kode ini.

IMEI adalah deretan nomor unik yang ditanamkan pada sebuah perangkat seperti HP sejak dari pabrikan sebelum didistribusikan.

Salah satu fungsi IMEI adalah identifikasi HP, hal ini karena kode IMEI dibuat secara unik. Masing-masing HP punya nomor sendirinya.

Umumnya kode IMEI terdiri dari 14 hingga 16 digit pada HP. Dibuat panjang agar masing-masing bisa unik dan tidak ada nomor yang sama.

Format kode IMEI sendiri biasanya adalah AA-BBBBBB-CCCCCC-D. Kode A dan B merupakan Type Allocation Code atau TAC. TAC ini merupakan petunjuk mengenai negara pembuatan model dan HP tersebut.

Ilustrasi nomor atau kode IMEI pada sebuah ponsel. [Shutterstock]

Fungsi lain dari kode IMEI di HP adalah untuk melakukan pelacakan HP ketika hilang. Karena itulah pentingnya nomor ini.

Karena pentingnya, nomor ini tidak dipajang besar-besar. Lalu bagaimana cara cek IMEI HP dengan mudah?

Berikut ini tiga cara cek kode IMEI HP dengan mudah.

1. Melihat kardus pembelian

Kardus pembelian. (HiTekno.com/Amelia Prisilia)

Cara selanjutnya adalah dengan melihat kardus pembelian HP. Di bagian belakang kardus HP biasanya akan tersedia kode IMEI yang tentunya sudah secara resmi dikeluarkan.

2. Melalui pengaturan di HP

Pengaturan HP. (HiTekno.com/Amelia Prisilia)

Lebih praktis, kamu bisa melakukan cek kode IMEI melalui pengaturan di HP kamu. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu pergi ke 'Pengaturan' atau 'Setting' di HP. Biasanya informasi mengenai kode IMEI ada pada kolom 'About'.

3. Menggunakan nomor USSD

Nomor USSD. (HiTekno.com/Amelia Prisilia)

Makin mudah, cara cek IMEI lainnya adalah melalui nomor USSD. Caranya, kamu hanya perlu melakukan panggilan ke *#06#. Secara otomatis, kode IMEI kamu akan muncul.

4. Melalui situs Kemenperin

Cara cek IMEI yang pertama adalah dengan mengunjungi situs resmi Kemenperin di situs www.kemenperin.go.id/imei atau https://imei.kemenperin.go.id/.

Saat akhirnya situs tersebut terbuka, kamu bisa langsung memasukan nomor IMEI perangkat. Secara otomatis, keterangan memgenai apakah nomor tersebut terdaftar atau tidak akan muncul.

Ketahui apakah termasuk HP ilegal atau legal melalui pengecekan IMEI di situs Kemenperin ini.

Itulah cara cek IMEI HP dengan mudah, pastikan kode IMEI di ketiganya sama. Jika tidak sama, wajib waspada. 

BACA SELANJUTNYA

Heboh Kasus Pelanggaran Regitrasi IMEI, Bea Cukai Hukum Oknum Pegawainya