Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 21 September 2020 | 15:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Xiaomi Indonesia membanjiri kelas HP murah di Rp 1 jutaan dengan seri Redmi 9A yang langsung disusul Redmi 9C. Seperti apa Review Redmi 9C ini?

HP murah ini resmi dikenalkan Xiaomi Indonesia pada 9 September 2020. Padahal belum lama sudah menghadirkan Redmi 9A dengan harga super terjangkau.

Tentu saja kehadirannya membuat bingung, mending pilih Redmi 9A atau sekalian Redmi 9C. Mengingat keduanya punya selisih harga yang tipis.

Terlebih banyak kemiripan antara dua HP murah ini. Mulai dari baterai jumbo berkapasitas 5.000 mAh dan layar lega 6,53 inci beresolusi 720x1600 piksel.

Keduanya juga hadir dengan antarmuka MIUI 12 berbasis Android 10. Lalu apa bedanya Redmi 9C ini? Banyak, dari sisi dalam hingga desain belakangnya.

Redmi 9C. (HiTekno.com)

Terutama dari sisi performa dapur pacu dan kamera jadi pembeda kedua HP murah Xiaomi Indonesia ini. Namun selisih harga ini senilai dengan apa yang diberikan?

Berikut tim HiTekno.com berikan review Redmi 9C dari, HP murah Rp 1 jutaan dari Xiaomi Indonesia. Apakah layak untuk dibeli?

Performa

Redmi 9C. (HiTekno.com)

Dapur pacu MediaTek Helio G35 ini jelas memberikan performa lebih. Terutama dari sisi clock speed CPU yang lebih dibanding MediaTek Helio G25 pada Redmi 9A.

Redmi 9C yang diuji tim HiTeno.com adalah versi global dengan RAM 2 GB. Namun yang dipasarkan di Indonesia akan memakai RAM 3 GB.

Unit test kami menghasilkan nilai AnTuTu Benchmark cukup memuaskan di harga Rp 1 jutaan. Yakni 96.433 yang lebih tinggi dibanding Redmi 9A yang 87.729.

Juga lebih tinggi dibanding seri HP murah Xiaomi Indonesia sebelumnya, Redmi 8A dan Redmi 8A Pro yang memakai Qualcomm Snapdragon 439 yang menghasilkan nilai 80-an ribu.

AnTuTu Benchmark Redmi 9C. (HiTekno.com)

Sedangkan hasil pengujian dengan Geekbench 5 yang berfokus pada kompuasti CPU, Redmi 9C ini juga mengungguli tiga pesainggnya di atas pada Multi Core performa.

Redmi 9C menghasilkan nilai 142 Single Core dan 500 Multi Core. Dibanding Redmi 9A yang cuma 132 Single Core dan 451 Multi Core di Geekbench 5.

Namun performa CPU HP murah dengan MediaTek Helio G35 ini hanya selisih tipis saja jika dibandingkan dengan Qualcomm Snapdragon 439.

Geekbench 5 Redmi 9C. (HiTekno.com)

Dengan performa yang ditawarkan, andalan Xiaomi Indonesia ini sangat menjanjikan untuk kelas HP murah dengan harga sampai Rp 1,7 jutaan.

Lalu bagaimana dengan main game? Tenang chipset ini memang dirancang untuk HP gaming, namun dengan harga yang sangat terjangkau.

Untuk memainkan game-game ringan, Redmi 9C sudah cukup mumpuni. Meski tidak mendapatkan framerate tinggi, tetap nyaman untuk game Mobile Legends dan Call of Duty Mobile.

Kamera

Redmi 9C. (HiTekno.com)

Untuk kamera selfie, Redmi 9C hanya mengandalkan sensor 5 MP f/2.2 sama seperti Redmi 9A. Hasilnya biasa saja, cukup untuk sekadar video call.

Berbeda dengan kamera belakangnya, yang mengandalkan tiga sensor. Yakni 13 MP f/2.2 + 2 MP f/2.4 makro + 2 MP f/2.4 depth sensor.

Tentu saja modul kamera ini menghasilkan foto yang bisa diandalkan untuk kelas Rp 1 jutaan. Terutama pada sensor utama yang cukup memuaskan.

Tim HiTekno.com lebih suka jika ada kamera dengan lensa ultrawide mendampingi kamera utamanya. Namun Xiaomi memilih memasangkan kamera makro.

Sensor makro 2 MP memang bisa mengambil foto dengan jarak dekat. Namun karena resolusinya yang rendah, gambar yang dihasilkan tidaklah istimewa.

Depth sensor 2 MP juga membantu ketika hendak membuat foto dengan bokeh, atau blur pada latarnya. Namun sudah jadi kelengkapan umum pada HP murah.

Meski begitu, kamera utama Redmi 9C ini tetap handal di kelasnya. Baik foto dalam ruangan maupun luar, bisa menghasilkan foto cukup menawan.

Sample foto dalam ruangan

Sample foto Redmi 9C vs Redmi 9A. (HiTekno.com)

Sample foto luar ruangan

Sample foto Redmi 9C vs Redmi 9A. (HiTekno.com)

Sample foto luar ruangan

Sample foto Redmi 9C vs Redmi 9A. (HiTekno.com)

Sample foto luar ruangan

Sample foto Redmi 9C vs Redmi 9A. (HiTekno.com)

Sample foto luar ruangan

Sample foto Redmi 9C vs Redmi 9A. (HiTekno.com)

Kelengkapan Fitur

Redmi 9C. (Xiaomi)

Dengan harga yang terjangkau, tentunya ada fitur dan kelengkapan yang harus berkompromi. Bagaimana dengan HP murah satu ini?

Redmi 9C masih dilengkapi sejumlah fitur kesukaan fans, yakni dual SIM + dedicated slot microSD. Juga masih ada jack audio 3,5 mm, radio FM, dan fingerprint sensor.

Sayangnya Xiaomi Indonesia tidak membekalinya dengan IR blaster yang disukai para fans. Dan masih memakai port micro USB, bukan USB type-C seperti Redmi 8A Pro.

Redmi 9C memang dilengkapi GPS yang memadai. Namun untuk sensor, hanya tersedia accelerometer dan proximity. Tidak ada kompas seperti di seri 8.

Di harga Rp 1 jutaan, HP ini sudah menawarkan Bluetooth 5.0 yang mendukung A2DP. Makin mudah untuk menyambungkan dengan speaker Bluetoot dan TWS.

Baterai

Redmi 9C. (HiTekno.com)

Untuk soal baterai tidak perlu khawatir, 5.000 mAh pada HP Rp 1 jutaan ini sangatlah cukup untuk pemakaian seharian. Tidak lagi panik cari-cari powerbank.

Untuk pemakaian sederhana, dari browsing dan sosial media tidak terkendala akan kekurangan baterai. Termasuk untuk sesekali bermain game.

Redmi 9C ini dibekali dengan charger 10 watt saja. Memang terasa lama untuk mengisi penuh baterainya dari habis. Namun wajar jika melihat harganya.

Selain itu, pengisiannya juga masih memakai port micro USB, bukan USB type-C seperti pada Redmi 8A maupun Redmi 8A Pro yang rilis sebelumnya.

Desain dan Ergonomi

Redmi 9C. (HiTekno.com)

Meski tergolong HP murah, andalan Xiaomi Indonesia ini hadir dengan desain manis. Dari material body belakang, tidak terasa seperti produk Rp 1 jutaan.

Tekstur pada belakang body Redmi 9C tak hanya membuatnya tidak licin di tangan. Juga memberikan kesan tersendiri yang terlihat manis.

Di belakang juga terdapat modul kamera berbentuk persegi yang cukup besar. Dipadukan sensor fingerprint di posisi terbaik, mudah dijangkau secara natural.

Meski dihargai cukup terjangkau, HP ini mengusung layar lega 6,53 inci. Layar ini memiliki ratio 20:9, yang membuatnya terlihat luas namun tetap nyaman digenggam.

Harga:

  • Redmi 9C RAM 3 GB + 32 GB : Rp 1.449.000 (promo Rp 1.399.000)
  • Redmi 9C RAM 4 GB + 64 GB : Rp 1.649.000 (promo Rp 1.599.000)

Kelebihan:

  • Harga murah
  • Performa cukup
  • Kamera handal
  • Baterai besar dan irit
  • Layar lega

Kekurangan

  • Tidak ada IR blaster
  • Micro USB bukan USB type-C
  • Belum fast charger
  • Tidak ada kamera ultrawide

Kesimpulan:

Redmi 9C merupakan HP murah dengan baterai jumbo dan layar lega. Performa cukup di harganya, dan masih bisa memainkan game-game ringan.

Memang disayangkan ada beberapa pengurangan jika dibandingkan seri 8, namun semua itu ditebus dengan layar yang lebih lega, peningkatan performa dan kamera.

Dengan harganya ini membuatnya di posisi sulit berada di antara Redmi 9A yang super murah dan Redmi 9 yang menawarkan performa tinggi di segala sisi.

Perangkat ini cocok untuk pengguna baru dan belajar online, yang membutuhkan layar lega dan baterai jumbo. Juga untuk kamu yang mencari pendamping HP utama.

Itulah review Redmi 9C, HP murah dengan baterai jumbo dan layar lega andalan Xiaomi Indonesia. Berminat untuk meminangnya?

BACA SELANJUTNYA

Redmi Note 13 Series Resmi Diluncurkan, Cek Seperti Apa Jajaran HP Baru Xiaomi Indonesia Ini