Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 08 Oktober 2020 | 19:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pertengahan September lalu Realme 7 telah resmi meluncur ke Indonesia dengan menyasar segmen kelas menengah. Kami akan memberikan review Realme 7 sehingga pembaca dapat mengetahui performa dari HP baru dengan chipset anyar MediaTek ini.

Realme 7 memiliki dapur pacu MediaTek Helio G95. Berdasarkan tes benchmark yang kami lakukan, performa chipset ini cukup kencang di kelas menengah.

Tak hanya performa kencang, Realme 7 memiliki kamera ciamik dengan sensor Sony 64 MP-nya.

Saat peluncuran, Felix Christian selaku Product Manager Realme Indonesia mengklaim bahwa Realme 7 adalah perangkat pertama di dunia yang mendukung chipset tersebut.

MediaTek Helio G95 mempunyai sepasang CPU Arm Cortex-A76 dengan frekuensi hingga 2,05 GHz, dan enam CPU Cortex-A55 yang efisien penggunaan dayanya, serta Arm Mali-g76 MC4 yang sudah diperbarui, dengan frekuensi hingga 900 MHz untuk kinerja core tunggal dan multicore.

1. Spesifikasi Realme 7

Kamera belakang Realme 7. (HiTekno.com)

 

OS: Android 10, Realme UI
Chipset: Mediatek Helio G95 (12 nm)
CPU: Octa-core (2x2.05 GHz Cortex-A76 & 6x2.0 GHz Cortex-A55)
GPU: Mali-G76 MC4
RAM: 8 GB
Internal Memori: 128 GB
Layar: 6.5 inci, 1080 x 2400 piksel
Kamera utama: 64 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
Kamera depan: 16 MP
Baterai: 5.000 mAh (fast charging 30 W)
Konektivitas: USB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go, Wi-Fi 802.11, Bluetooth 5.0, NFC
Jaringan: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Dimensi: 162.3 x 75.4 x 9.4 mm
Berat: 196.5 gram
Warna: Mist Blue, Mist White

Nilai jual utama yang ada pada Realme 7 terletak pada empat kamera belakang dengan sensor primer Sony IMX682 Exmor RS. Kamera depannya juga sudah menggunakan
sensor Sony IMX471 16 MP. Perpaduan kamera ciamik ini masih didukung dengan chipset Mediatek Helio G95.

Layar 90 Hz miliknya semakin membuat Realme 7 menjadi salah satu perangkat alternatif bagi konsumen yang mengincar HP gaming kelas menengah.

2. Layar dan Desain Bodi

Realme 7. (Realme Indonesia)

Realme 7 dibekali layar IPS LCD 6,5 inci beresolusi Full HD Plus (1080 x 2400 piksel) dengan fitur refreh rate 90 Hz. Layar sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 3 dengan kerapatan sekitar 400 nits.

Belum dibekali dengan AMOLED, HP baru ini tak memakai sensor sidik jari dalam layar.

Sebagai gantinya, Realme 7 membawa sensor sidik jari pada bagian samping.

Saat peluncurannya, perusahaan menjelaskan bahwa desain Realme 7 terinspirasi dari area kaca di alam.

Realme 7. (Realme Indonesia)

Itu sebabnya bodi belakang Realme 7 menghadirkan desain kaca yang tampak glossy. Meski pantulan cahaya menyiratkan seperti logam, namun sebenarnya bodi Realme 7 terbuat dari plastik.

Proses AG yang dipadukan dengan tekstur CD membuat Realme 7 memang terlihat premium. Saat menggenggamnya, jiplakan bekas sidik jari tak terlalu terlihat pada bodi belakang Realme 7.

Perangkat cukup licin apabila tak dibalut dengan casing tambahan. Casing bawaan dari kotak penjualan menawarkan softcase dengan tampilan buram.

Realme 7 menggunakan softcase. (HiTekno.com)

Entah kenapa ketika casing bawaan digunakan, perangkat justru terlihat murahan. Kesan premium yang tadinya terpancar (tanpa softcase) justru menjadi hilang. Namun ini bisa diakali dengan membeli sofcase transparan (bening) atau softcase model lain.

Layar 90 Hz membuat scrolling layar semakin mulus sehingga perpindahan antar aplikasi atau kegiatan browsing dapat dilakukan dengan lebih nyaman. Namun ketika diaktifkan, layar 90-Hz menyedot baterai lebih cepat. Pengguna bisa memilih layar 60 Hz, Automatic atau 90 Hz di mode pengaturan layar.

Untuk penggunaan pada aplikasi yang ringan, lebih disarankan menggunakan mode 60 Hz atau Automatic saja agar baterai tak mudah terkuras. Layar 90 Hz bisa diaktifkan ketika menjalankan game berat sehingga performanya lebih optimal.

3. Performa Realme 7

Skor AnTuTu Realme 7. (HiTekno.com)

Performa Realme 7 sangat gokil di kelas menengah. Menggunakan chipset MediaTek Helio G95, Realme 7 berhasil meraih skor AnTuTu 298.018 poin. Skor yang hampir 300 ribu poin ini mengindikasikan performa cepat dari Realme 7.

Pada Geekbench, Realme 7 meraih skor single-core 507 poin dan multi-core sebesar 1.643 poin.

Skor lumayan tinggi di atas terbukti mengingat Realme 7 bisa melibas game-game populer bahkan game kelas berat (meski grafik belum maksimal).

Benchmark Geekbench Realme 7. (HiTekno.com)

Kami bisa memainkan Call of Duty Mobile, PUBG Mobile, dan Mobile Legends dengan sangat lancar.

Cukup menarik, game berat yang membutuhkan chipset powerfull seperti Genshin Impact bisa dimainkan dari Realme 7.

Genshin Impact pada Realme 7. (HiTekno.com)

Pada setelan default, Genshin Impact cukup lancar dimainkan dengan render resolusi Medium 30 fps.

Mode High masih bisa dimainkan meski cukup patah-patah pada kondisi tertentu. Setelan Medium 60 fps atau opsi di atasnya masih belum sanggup dimainkan. Meski begitu, itu tergolong sangat bagus bagi HP kelas menengah.

4. Pengalaman Main Game

Foto Realme 7 saat memainkan COD Mobile. (HiTekno.com)

Layar 90 Hz benar-benar memanjakan kami dalam bermain game. Push rank Mobile Legends dijamin semakin semangat mengingat setelah grafis bisa rata kanan.

Pada setelan grafik High, Realme 7 bisa memainkan Mobile Legends tanpa ada kendala patah-patah. Untuk Call of Duty, setelan grafis bisa menyentuh Very High dengan frame rate High.

Pengaturan grafis COD Mobile di Realme 7. (HiTekno.com)

Setelan rata kanan Call of Duty Mobile masih menawarkan performa mulus tanpa adanya kendala yang berarti.

Untuk PUBG Mobile, pemain hanya bisa menyetel ke grafis HD dengan frame rate High. Tampilan grafis HDR dan Ulta HD masih belum tersedia. Namun itu diprediksi hanya menunggu update software dari Realme saja.

Pengaturan grafis PUBG. (HiTekno.com)

Grafis HD dengan frame rate tinggi pada PUBG Mobile juga masih bisa dilibas secara ciamik.

Buat kamu yang suka menggincar WWCD, Realme 7 bisa menjadi perangkat menarik untuk dijadikan pilihan HP gaming. RAM 8 GB dan memori internal 128 GB membuat pengguna dapat memainkan game secara lancar serta menginstall cukup banyak game di dalamnya.

5. Kamera

Bodi belakang Realme 7. (HiTekno.com)

Perpaduan kamera Sony IMX682 Exmor RS di bagian belakang dan sensor Sony IMX471 16 MP di bagian depan membuat HP ini cukup ciamik untuk melakukan fotografi mobile di segmen kelas menengah.

Kami bisa memberikan skor 90 dari 100 poin maksimal untuk performa kamera di kelas menengah.

Untuk warna yang lebih menyala, fitur Chroma Boost cukup efektif dalam memberikan efek pewarnaan cukup tajam. Hasil pemotretan outdoor cukup menawan, terutama bila cuaca cerah.

Sistem AI yang ada membuat kamera Realme 7 bisa mendeteksi objek dan menyesuaikan komposisi foto untuk objek yang kita pilih. Misal ketika kita memfokuskan ke tumbuhan, maka akan ada notifikasi "Plant" sehingga sistem AI bakal menyesuaikan komposisinya.

Realme 7 Mist White. (Realme Indonesia)

Fitur bokeh juga bisa disesuaikan berdasarkan preferensi dari 0 hingga 100 persen. Jika membidik secara akurat dan cukup lama, fitur bokeh yang disediakan sangat menawan. Namun terkadang apabila terlalu cepat membidik foto, terkadang bokeh yang ada tidak sempurna.

Kamera Realme 7 ini juga tak terlalu menonjolkan efek Beautify yang "keterlaluan" pada posisi default seperti Realme sebelumnya. Itu membuat pengguna yang menyukai foto natural cukup puas saat melakukan selfie.

Namun santai saja, buat kamu para cewek yang ingin memuluskan wajah, fitur Beautify masih disediakan sehingga bisa diatur sesuai preferensi pengguna.

•   Berikut beberapa foto yang diambil menggunakan Realme 7:

> Kamera Outdoor

Foto outdoor Realme 7. (HiTekno.com)

>Foto Makro

Foto makro. (HiTekno.com)

> Foto dengan kamera lensa lebar

Foto ultrawide Realme 7. (HiTekno.com)

> Foto Selfie

Foto selfie Realme 7. (HiTekno.com)

> Foto Bokeh 

Foto bokeh. (HiTekno.com)

> Foto Malam

Foto malam hari Realme 7. (HiTekno.com)

> Foto indoor

Foto indoor Realme 7 (HiTekno.com)

6. Performa Baterai

realme 7. (realme)

Untuk penggunaan normal seperti membuka sosial media, browsing, menonton YouTube, dan sesekali bermain game, Realme 7 bisa bertahan hingga 2 hari.

Namun untuk pengguna game kelas berat, Realme 7 bisa bertahan seharian atau mungkin kurang dari satu hari apabila menyetel opsi grafis tertinggi.

Layar 90 Hz cukup boros sehingga bermain game FPS dengan grafis tinggi selama 3 jam sudah menguras lebih dari 30 persen baterai. Tapi santai saja, pengisian daya Realme 7 juga tergolong cepat. Meski cukup boros, namun itu sangat sepadan dengan tampilan ciamik yang ditawarkan.

Perangkat membawa baterai berkapasitas 5000 mAh dengan fitur fast charging 30 W.

Perusahaan mengklaim bahwa pengisian daya 0 hingga 100 persen bisa dilakukan dalam waktu 65 menit (1 jam 5 menit).

Setelah kami tes, perangkat membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama dari klaim di atas.

Kami membutuhkan waktu 1 jam 12 menit hingga 1 jam 15 menit untuk mengisi baterai dari 0 hingga 100 persen. Pengisian 30 menit di awal bisa mengisi daya sebanyak 48 persen.

Untuk memutar streaming HD di YouTube selama satu jam, baterai perangkat terkuras 5 menit (layar 90 Hz).

Kesimpulan

realme 7. (realme)

Realme 7 cocok buat kamu yang menyukai HP gaming dengan harga terjangkau di kelas menengah. HP baru ini juga sangat cocok buat kalian yang hobi melakukan fotografi mobile di luar ruangan.

Kamera primer Sony yang ditempatkan di bagian depan dan belakang membuat hasil foto-fotonya cukup jernih. Layar 90 Hz membuat pengalaman scrolling serta bermain game dapat lebih nyaman.

Paduan RAM 8 GB serta memori internal 128 menjadi garansi bahwa perangkat ini bisa melibas aplikasi berat seperti game-game bergrafis tinggi atau aplikasi editing lain.

Realme 7 sudah didukung dengan fitur NFC lebih membantu bagi mereka yang sering mengandalkan kartu pembayaran secara digital.

Kelebihan Realme 7

  • Layar sudah 90 Hz
  • RAM serta memori internal jumbo
  • Performa kamera menawan
  • Fast charging 30 W yang membuat pengisian daya semakin cepat
  • Sudah ada fitur NFC
  • Menawarkan pengalaman gaming yang memuaskan

Kekurangan Realme 7

  • Layar belum AMOLED
  • Bodi sedikit lebih tebal jika dibandingkan HP berbaterai 5.000 mAh (ketebalan 9,8 mm)
  • Speaker biasa-biasa saja

Itulah tadi review Realme 7 dari tim HiTekno.com, tertarik membeli HP baru ini?

BACA SELANJUTNYA

Realme C67 Hadirkan Peningkatan Besar dari Generasi Sebelumnya