Kamis, 25 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Minggu, 25 Oktober 2020 | 20:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Usai dirilis beberapa waktu yang lalu, iPhone 12 Series langsung menjadi primadona dalam pasar gadget dunia. Sayangnya, menyusul kepopulerannya, banyak keluhan yang muncul terkait aktifnya jaringan 5G yang justru membuat baterai iPhone 12 jadi cepat boros.

Keluhan mengenai baterai iPhone 12 yang cepat boros akibat jaringan 5G ini datang dari berbagai review media-media asing usai perangkat ini secara resmi diperkenalkan.

Seperti yang diketahui sebelumnya, iPhone 12 merupakan perangkat pertama dari Apple yang dilengkapi dengan jaringan 5G yang kekinian. Sayangnya, kehadiran teknologi ini justru menimbulkan masalah baru bagi pengguna iPhone 12.

Melansir dari Tomsguide.com, pada uji coba yang dilakukan, terungkap bahwa performa baterai iPhone 12 dan iPhone 12 Pro dengan menggunakan jaringan 4G dan 5G justru menunjukan hasil yang berbeda.

Pada hasil uji coba, baterai iPhone 12 mampu bertahan 10 jam dan 23 menit dalam jaringan 4G. Pada penggunaan jaringan 5G, daya tahan baterai justru berkurang hingga 20 persen dan hanya mampu bertahan 8 jam dan 25 menit.

iPhone 12 Mini dan iPhone 12. (Apple)

Di iPhone 12, uji coba menggunakan browsing internet dengan tingkat kecerahan 120 nits dan terus membuka situs baru setiap 30 detik hingga baterai mencapai 0 persen.

Tidak jauh berbeda, saat menggunakan jaringan 4G di iPhone 12 Pro, perangkat ini bertahan selama 11 jam dan 24 menit. Sedangkan pada jaringan 5G, mampu bertahan selama 9 jam dan 6 menit.

Usai uji coba ini dilakukan, hasilnya tidak cukup membuat kaget. Pasalnya, perangakat dengan jaringan 5G memang membutuhkan kapasitas baterai yang jauh lebih besar hingga kemudian menjadi lebih boros.

Sebagai penanganan, pengguna iPhone 12 maupun iPhone 12 Pro dapat mengatur jaringan 5G atau 4G untuk mengantisipasi keluhan baterai yang cepat boros. Caranya dengan masuk ke Settings dengan memilih antara jaringan 5G On, 5G Auto atau LTE.

BACA SELANJUTNYA

Bikin Baterai Awet, Apa Itu Bypass Charging yang Ada di Infinix Note 30 5G?