Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 30 Oktober 2020 | 13:14 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Samsung Odyssey G9 dan Samsung Odyssey G7, dua monitor gaming ultrawide yang langsung mencuri perhatian sejak pertama dikenalkan. Bagaimana perusahaan asal Korea Selatan ini bisa menghadirkan keduanya dengan desain futuristis?

Sejak memproduksi monitor gaming pertamanya kurang dari empat tahun yang lalu, Samsung telah memperluas lini produk ini. Sekarang, mulai tahun 2020, jajaran laptop gaming, PC, dan perangkat VR dalam lini Samsung Odyssey telah diperluas dengan gaming monitor.

Ini menjadikan Odyssey sebagai lini produk resmi Samsung untuk perlengkapan gaming. Samsung pun menyematkan desain futuristik khas lini Odyssey – yang digemari para gamer - untuk menciptakan Samsung Odyssey G7 dan G9 terbaru.

Keduanya hadir dengan spesifikasi tingkat lanjut termasuk layar ultrawide dengan kelengkungan layar 1000R, response time 1ms, kecepatan refresh rate 240Hz untuk FPS (first person shooter) yang sangat mulus, kompatibilitas G-Sync, dan banyak lagi.

Seperti apa proses membuat desain gaming monitor futuristik ini? Begini menurut paparan dari tim desainer Samsung Odyssey G9 dan Samsung Odyssey G7.

Babak Baru untuk Odyssey

Dari kiri ke kanan: Ki-hong Kim, Adam Burgess dan Juwon Cho dari Product Design Group, Visual Display Business, Samsung Electronics. (Samsung)

Saat mendiskusikan proses penyempurnaan desain Odyssey G7 dan G9, setiap anggota tim dari Samsung Visual Display Business, menekankan pentingnya mengutamakan kebutuhan dan minat para gamer. Inilah inti dari jajaran Odyssey: melengkapi pengguna dengan alat yang mereka butuhkan untuk menikmati pengalaman bermain game sebaik mungkin.

Namun, kehadiran Odyssey G7 dan G9 tidak hanya menunjukkan komitmen Samsung untuk menawarkan teknologi game masa depan kepada konsumen, "Ini juga menciptakan peluang bagi kami untuk mengkomunikasikan filosofi yang tertanam dalam lini Odyssey dalam cara yang terasa autentik dengan penawaran produk kami sekarang dan yang akan datang," jelas Adam Burgess, Visual Communication designer.

Filosofi itu diwujudkan dalam sepasang monitor yang dibuat berdasarkan prinsip desain yang dapat diringkas dengan kata "berani", "futuristik", dan "percaya diri". Desain perangkat yang simpel pun diikuti oleh monitor Odyssey, dan dibedakan melalui kontras tajam dari elemen hitam dan putih serta penggunaan aksen biru yang menarik perhatian.

"Kata 'Odyssey' mengingatkan pada ide navigasi, tentang sebuah perjalanan," terang Burgess. "Sebagai lini produk resmi Samsung untuk perlengkapan gaming, Odyssey menawarkan pengalaman gaming tingkat tinggi kepada konsumen, didukung oleh kombinasi teknologi gaming canggih dan desain yang bermanfaat. Bersama-sama, kedua atribut ini membangkitkan citra maju menuju masa depan."

Berfokus pada Masa Depan

Monitor gaming ultrawide Samsung Odyssey G9. (Samsung)

Desain futuristik Odyssey G7 dan G9 adalah hasil observasi mendalam terhadap tren pasar. "Riset pasar kami menunjukkan bahwa gaming monitor Samsung secara konsisten mendapatkan ulasan yang baik," kata Juwon Cho, desainer Odyssey G9.

"Namun, kami menerima umpan balik bahwa beberapa konsumen ingin melihat elemen gaming yang genre-specific dimasukkan ke dalam desain gaming monitor. Untuk pengembangan produk terbaik, pertama-tama kami mendalami beberapa game dan perangkat populer yang disukai para gamer."

Ketika penelitian menunjukkan bahwa banyak gamer yang menyukai konsep futuristik, tim mengadopsinya sebagai prinsip desain utama.

Untuk para gamer, salah satu elemen desain Odyssey G9 yang paling menarik dan futuristik adalah Infinity Core Lighting di bagian belakangnya. Kunci desainnya bermuara pada faktor yang sama yang memungkinkan monitor mengubah sesi permainan pengguna: imersi.

"Saat mendesain pencahayaan, kami menggunakan cahaya dan cermin untuk menciptakan sensasi bahwa Anda sedang dipindahkan ke dimensi lain saat Anda melihatnya," kata Cho. "Tentu saja, bermain game pada monitor lengkung 49 inci dengan aspek rasio 32:9 membangkitkan sensasi imersif yang setara, dan itu sendiri sangat memikat banyak gamer. Namun, kami ingin membuat gaming monitor yang menawarkan lebih banyak. Artinya, kami ingin ini menjadi monitor yang dapat dibanggakan oleh penggunanya. "

Sementara itu, imersi hanyalah salah satu faktor penentu desain pencahayaan Odyssey G7. "Seperti semua gaming monitor Samsung, Odyssey G7 memiliki fitur yang kami sebut Arena Lighting di bagian belakangnya," kata Ki-hong Kim, anggota tim desain.

"Kami membedakan desain dengan menambahkan bentuk dan pencahayaan dinamis ke bezel depan monitor. Itu semua adalah bagian dari pembuatan monitor yang, seperti baju besi dan senjata futuristik dari game sci-fi, memproyeksikan citra yang kuat sebagai perlengkapan gaming."

Kenyamanan Adalah Kunci

Monitor gaming ultrawide Samsung Odyssey G9. (Samsung)

Kim menekankan bahwa konsumen selalu menjadi kunci dalam hal desain produk, dan karena gamer selalu tertarik dengan apa yang digunakan oleh para profesional, "Kami meminta gamer profesional untuk membagikan pendapat dan preferensi terperinci mereka sehingga kami dapat menyematkannya ke dalam produk."

Sebagai contoh, banyak gamer pro yang menganggap dudukan gaming monitor sebagai pertimbangan desain yang sangat penting. Ini karena seringkali, saat bermain game, mereka membutuhkan ruang lapang untuk menggerakkan mouse mereka, dan dudukan monitor yang lebar dapat menjadi penghalang.

Penting juga bahwa dudukan monitor tidak mengurangi kenyamanan penempatan keyboard. Untuk itu, tim dengan cermat mengkalibrasi sudut penyangga Odyssey G7 untuk memungkinkan pengguna mengatur posisi keyboard dengan nyaman dan menggerakkan mouse dengan bebas.

Pengguna juga dapat dengan mudah memutar, memiringkan, dan menyesuaikan ketinggian Odyssey G7 dan G9 sesuai postur dan ketinggian mata mereka.

Melampaui Kebiasaan Umum

Kim juga menjelaskan berbagai cara tim menyempurnakan G7 untuk membedakannya dari monitor konvensional. G7 dengan kelengkungan layar 1000R sangat berbeda dari gaming monitor biasa yang berbentuk frame persegi panjang. Dia juga menjelaskan bagaimana tim mengoptimalkan aksen pencahayaan untuk meningkatkan pengalaman bermain game dan membuat monitor tampil menonjol.

"Beberapa anggota tim kami khawatir bahwa memasukkan pencahayaan ke bagian depan layar dapat mengganggu gameplay. Hal ini mendorong kami membuat desain pencahayaan yang mengarahkan cahaya ke bawah," jelas Kim.

Desain putih mengkilap Odyssey G9 adalah hal lain yang berbeda dari biasanya. Setelah meninjau opini pelanggan, tim memilih untuk menggunakan warna tersebut karena umpan balik menunjukkan bahwa putih menciptakan kesan terkuat dari desain futuristik.

Umpan balik pada monitor itu sendiri sangat luar biasa sejauh ini, karena keduanya telah meraih CES Innovation Award - Odyssey G9 dalam kategori Perangkat Periferal Komputer, dan G7 dalam kategori Gaming.

Memaksimalkan Samsung Odyssey

Monitor gaming ultrawide Samsung Odyssey G9. (Samsung)

Selain membahas proses penyempurnaan desain monitor gaming ultrawide Odyssey G7 dan G9, para desainer mengungkapkan bagaimana mereka memanfaatkan monitor ini untuk meningkatkan pengalaman mereka sendiri saat bermain game.

"Seringkali, ketika saya bermain game, saya bermain di ruangan yang gelap sehingga saya bisa membenamkan diri dalam permainan dan berkonsentrasi lebih baik," kata Kim. "Pencahayaan di bagian depan dan belakang G7 dirancang dengan mempertimbangkan ruangan seperti itu, dan membantu membuat bermain game jauh lebih imersif."

Cho menambahkan bahwa desain pendukung imersi pada Odyssey G9 mampu mengubah cara pengguna menikmati game favorit mereka. "Kelengkungan layar 1000R G9 memungkinkannya memenuhi seluruh bidang pandang pengguna," kata Cho. "Saat Anda memainkan game yang mendukung rasio layar 32:9 monitor, terutama FPS, simulator penerbangan, dan game balap, tingkat imersinya sedemikian tinggi sehingga Anda merasa seolah-olah berada di dalam game itu sendiri."

"Bahkan setelah gaming monitor ini diluncurkan, tim akan terus mencari umpan balik dan data untuk direfleksikan dalam desain produk berikutnya," kata Cho.

"Sasaran kami," tambah Kim, "adalah untuk mengantisipasi tren di pasar game yang terus berkembang pesat, dan merancang produk yang memimpin tren tersebut - bukan produk yang hanya berbeda dari yang sudah ada di luar sana."

Samsung Odyssey G9 tersedia dalam ukuran 49 inci dengan harga Rp. 24.999.000,-, sementara Samsung Odyssey G7 hadir dalam 32 inci seharga Rp. 13.499.000,- dan 27 inci seharga Rp. 11.999.000,-. Untuk keterangan lebih lanjut, kunjungi https://www.samsung.com/id/monitors/odyssey/.

BACA SELANJUTNYA

Update Software Samsung Galaxy S24 Series, Hadirkan Pengalaman Display Vivid yang Makin Optimal