Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 01 November 2020 | 08:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - FaceTime menjadi salah satu fitur yang banyak digunakan dan digemari pemakai perangkat iOS dari Apple. Namun sayangnya, layanan video call yang dikenalkan sejak 2010 ini eksklusif di iOS.

Para pengguna Android harus berbesar hati tidak bisa memakai fitur FaceTime seperti di iPhone maupun iPad dari Apple.

Hal itu mungkin menjengkelkan bagi sebagian pengguna Android jika teman-teman dan keluarga menggunakan perangkat iOS namun pengguna tidak dapat bergabung bersama yang lainnya saat menggunakan FaceTime.

Meski begitu, ada alternatif lain jika pengguna ingin melakukan obrolan dengan orang lain yang menggunakan perangkat Apple.

Jika pengguna menggunakan Android dan lebih suka tidak beralih perangkat ke obrolan video dengan teman-teman yang menggunakan Apple, ada sejumlah alternatif. Banyak di antaranya mudah digunakan dan dapat mereplikasi fitur inti FaceTime.

Ilustrasi aplikasi FaceTime. [Shutterstock]

Salah satunya adalah aplikasi Google Duo. Google secara efektif mendesainnya sebagai Android yang setara dengan FaceTime, dengan tingkat kesederhanaan yang serupa. Aplikasi ini mendukung obrolan video grup, dapat berfungsi di web, dan didasarkan pada nomor telepon daripada akun.

Dilansir dari Android Authority, pilihan alternatif lainnya adalah Facebook Messenger. Meskipun tidak sesederhana Google Duo, aplikasi ini juga ditautkan ke akun Facebook pengguna dan dapat digunakan baik di perangkat seluler ataupun web.

Aplikasi WhatsApp juga merupakan opsi lainnya dan mungkin lebih disukai jika pengguna lebih suka menautkan nomor telepon.

Terakhir, Skype juga bisa menjadi alternatif FaceTime di Android. Ini adalah salah satu aplikasi obrolan video terlama dan terintegrasi dengan sangat baik dalam perangkat lunak dan layanan Microsoft.

Itulah alternatif FaceTime yang bisa dimanfaatkan pengguna Android sebagai alternatif layanan eksklusif Apple tersebut. (Suara.com/Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Apple Mulai Perbarui Aplikasi Health, Fitur Lebih Interaktif