Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 19 November 2020 | 08:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Oppo baru saja mengeluarkan teaser resmi mengenai HP baru mereka di kelas flagship. Mereka mengenalkan fitur serta sistem baru yang bakal diaplikasikan pada Oppo Find X3.

Rumor dan bocoran mengenai Oppo Find X3 sudah mulai mengemuka sejak kuartal ketiga 2020.

Sebagai informasi, Oppo Find X2 dirilis pada Maret 2020. Jika berdasarkan siklus tahunan maka Oppo Find X3 diharapkan rilis pada kuartal pertama 2021.

Perusahaan mengumumkan "Full-path Color Management System" yang bakal memulai debutnya pada Oppo Find X3 series.

"Full-path" berarti bahwa sistem mencakup segala sesuatu mulai dari mengambil gambar, menyimpan, dan menampilkannya dengan cakupan gamut DCI-P3 dan kedalaman warna 10-bit.

Sistem pengolahan gambar dan tampilan baru pada Oppo Find X3. (Oppo)

Perkembangan baru yang menarik adalah dukungan untuk Digital Overlap (DOL) sensor HDR, sesuatu yang telah dikerjakan oleh Sony selama beberapa tahun.

Dikutip dari GSMArena, tidak seperti HDR pada umumnya, DOL bakal menangkap beberapa eksposur secara bersamaan, yang menghilangkan kebutuhan untuk mengoreksi objek bergerak.

Setelah melakukan capture, gambar disimpan dalam format HEIF. Ini mendukung kedalaman warna 10-bit, tidak seperti JPEG (yang dibatasi hingga 8-bit) dan menghasilkan file yang lebih kecil untuk boot. Gambar 10-bit memiliki gradien yang lebih halus dan dapat bertahan selama pengeditan.

Sistem pengolahan gambar dan tampilan baru pada Oppo Find X3. (Oppo)

Terakhir, untuk menampilkan gambar Oppo akan menggunakan prosedur kalibrasi layar untuk menghadirkan akurasi warna layarnya menjadi sekitar 0,4 JNCD.

Algoritma akan memastikan bahwa gamut warna gambar disesuaikan agar sesuai dengan tampilan layar, DCI-P3 dengan D65 white point.

Render Oppo Find X3 Pro. (YouTube/ Waqar Khan)

Sebelum teaser, telah beredar juga sebuah render dari leaker Waqar Khan. Penampakan Oppo Find X3 membawa tampilan layar dual-curved yang tampak futuristis.

Jika dilihat secara sekilas, tampilan bagian samping cukup mirip dengan HP flagship Xiaomi Mi Mix Alpha. Sementara pada bagian belakang, modul kamera terlihat seperti milik Huawei P30 Pro. Generasi pendahulu membawa Snapdraon 865 sehingga tidak menutup kemungkinan Oppo Find X3 bakal mengusung chipset flagship dari Qualcomm.

BACA SELANJUTNYA

Xiaomi Indonesia Konfirmasi Peluncuran Redmi Note 13 Series pada 28 Februari 2024