Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 19 November 2020 | 14:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Samsung Galaxy Tab A7, tablet baru yang dihadirkan dengan menawarkan dukungan dalam pembelajaran jarak jauh atau belajar dari rumah. Aktivitas yang sedang banyak dilakukan saat pandemi ini.

Situasi pandemi telah membuat lebih dari 45 juta pelajar di Indonesia harus beradaptasi dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dari rumah. Tetapi belajar dan beraktivitas di rumah dapat menimbulkan tantangan tersendiri bagi anak-anak.

Sebuah riset yang diadakan oleh konselor pendidikan Dr. Vivid F. Argarini dan timnya mendapati bahwa anak-anak yang sudah berbulan-bulan melakukan PJJ sangat merindukan suasana sekolah (83%), teman-teman mereka (78%), juga guru mereka (45%).

Riset itu lebih lanjut mendapati bahwa setelah belajar, sebanyak 57% siswa mengerjakan tugas, dan 56,5% memilih untuk bermain. Sebanyak 55% siswa mengatakan waktu bermain mereka memang menjadi lebih panjang dan alat bermain mereka selama masa-masa PJJ ini adalah perangkat elektronik.

Sejalan dengan hal ini riset McKinsey & Company dalam sebuah laporan bertajuk Indonesian Consumer Sentiment During the Coronavirus Crisis menemukan bahwa penggunaan layanan berbasis digital untuk PJJ meningkat hingga 76%.

Oleh sebab itu, menurut Vivid, dibutuhkan perangkat teknologi yang bisa memenuhi tiga hal yang dibutuhkan oleh siswa pada masa-masa PJJ ini, yaitu belajar (edukasi), berkreasi, dan berekreasi.

Kehadiran Samsung Galaxy Tab A7 pada masa-masa ini menjadi sangat tepat. Tablet ini dirancang untuk memberikan dukungan bagi keluarga, terutama anak, sehingga mereka bisa belajar, berkreasi, dan berekreasi, dengan gembira. Bagaimana caranya? 

Belajar di Ruang Digital yang Aman

Samsung Galaxy Tab A7. (Samsung)

Tab A7 dilengkapi layar jernih seluas 10,4 inci, yang membuat materi pelajaran tampil jelas di layar yang luas. Samsung juga menghadirkan Samsung Kids, yaitu fitur yang tak ubahnya ruang kelas digital, di mana anak bisa belajar dan bermain dengan aman.

Untuk mengaktifkan Samsung Kids sangat mudah, cukup seret menu layar ke bawah dan buka Quick Panel, dan klik icon Samsung Kids. Pengguna akan dibawa ke layar dengan antarmuka khusus Samsung Kids beserta sejumlah aplikasi yang didesain khusus bagi anak-anak.

Contohnya, Bobby’s Canvas sebagai wadah anak mencoba menggambar di berbagai jenis permukaan, hingga Crocro’s Adventure yaitu permainan block coding, tempat anak dapat mempelajari elemen dasar dari programming dan algoritma.

Untuk anak yang lebih besar tersedia Parental Control untuk memonitor maupun memahami perilaku penggunaan tablet oleh anak secara mendetail. Orang tua dapat mengatur aplikasi apa saja yang boleh dibuka dan jam penggunaannya.

Samsung Galaxy Tab A7 - Parental Control. (Samsung indonesia)

Fitur ini membantu untuk membatasi screen time anak maupun menghindarkan mereka membuka konten yang tidak disetujui orang tua. Sebagai contoh, orang tua dapat membatasi sehingga anak hanya dapat membuka aplikasi Google Classroom dari pagi hingga jam 2 siang, dan tidak dapat membuka aplikasi Instagram sebelum jam 4 sore.

Anak fokus pada aplikasi belajar dan tidak membuka aplikasi non-sekolah. Jika ingin membatasi penggunaan media sosial anak, dapat pula diatur dalam pengaturan daily playtime.

Asah Potensi Anak

Samsung Galaxy Tab A7 - Karaoke bersama anak dilanjutkan dengan bedtime story. (Samsung indonesia)

Orang tua bisa membangun kreativitas atau menggali potensi anak dengan menggunakan Tab A7. Manfaatkan kamera utama atau kamera belakang Tab A7 yang beresolusi 8MP dengan autofocus dan dapat merekam video beresolusi 1080p pada kecepatan 30fps.

Dengan kamera ini, Anda misalnya bisa melatih kemampuan public speaking anak, yaitu melatih mereka berbicara dengan baik di muka umum. Rekaman anak bisa dilihat bersama-sama untuk kemudian diberikan masukan-masukan yang membangun.

Gunakan fitur Quick Share untuk berbagi file rekaman public speaking tadi dengan anggota keluarga lain secara mudah, terkhusus mereka yang memiliki perangkat Galaxy lain yang berdekatan. Untuk mengakses fitur ini cukup ke menu Quick Share dari panel menu dropdown, pengguna dapat membagikan file berukuran besar ke 5 perangkat Galaxy lainnya pada saat bersamaan.

Ciptakan Gembira lewat Rekreasi Digital

Samsung Galaxy Tab A7 - Fun games untuk mengasah kreativitas. (Samsung indonesia)

Seperti sudah disebutkan di awal, salah satu yang dirindukan anak-anak saat ini adalah sekolah dan teman-teman mereka. Namun kebijakan pembelajaran jarak jauh masih berlaku dan satu-satunya cara aman bagi anak-anak untuk bertemu dengan teman-teman sekolah mereka adalah melalui pertemuan virtual menggunakan berbagai aplikasi video conference.

Tab A7 dilengkapi kamera depan yang diposisikan tepat di bagian tengah atas tablet, memudahkan saat melakukan video conference dalam orientasi layar landscape. Pandangan mata anak tepat ke tengah layar, seolah bertemu langsung face-to-face dengan teman-teman sekelas dan gurunya, berkat komunikasi visual yang akurat, membantu menjaga relasi dengan teman dan guru yang dirindukan anak.

Tablet Samsung ini sudah dioptimalkan juga untuk menghasilkan pengalaman entertainment yang mengasyikkan bagi anak-anak. Tab A7 ditopang prosesor Snapdragon 662 yang bisa mendongkrak performa tablet secara signifikan. 

Dengan performa engine yang bertenaga itu, disandingkan dengan layar luas dan jernih, keluarga bisa menikmati hiburan atau menciptakan suasana kebersamaan di rumah. Misalnya olahraga bersama dengan video tutorial YouTube, masak bareng dengan resep-resep dari YouTube yang belum pernah dicoba sebelumnya. Atau main board game bersama untuk menikmati waktu-waktu santai, hingga membacakan bedtime story sebelum si kecil tidur.

Anak-anak yang sudah selesai belajar dan menyelesaikan tugasnya dengan baik bisa diberikan reward bermain game pada waktu tertentu. Dengan engine yang mumpuni tadi, Tab A7 juga mampu menjalankan game-game yang populer saat ini.

Samsung Galaxy Tab A7. (Samsung)

Pengalaman main game maupun menikmati entertainment lain akan makin memuaskan berkat dukungan Quad Speakers. Empat speaker ini bisa menyajikan pengalaman mendengarkan audio yang lebih powerful.

Apalagi, sistem tata suara di tablet ini juga mendukung Dolby Atmos. Gunakan headphone, kualitas suara 3D Dolby Atmos bisa hadir di telinga pengguna. Suasana audio seperti di bioskop pun bisa dinikmati di rumah.

Itulah cara-cara Samsung Galaxy Tab A7 mendukung keluarga, terutama anak, sehingga mereka bisa belajar, berkreasi, dan berekreasi, dengan gembira. Tablet ini sudah tersedia di Indonesia dalam pilihan warna Dark Gray dan Silver dengan harga Rp4.999.000.  

Pembelian Samsung Galaxy Tab A7 hingga 15 Desember 2020 akan mendapatkan bonus 12 bulan perlindungan dari  Samsung Care+ senilai Rp. 449.000 yang dapat di-redeem di aplikasi Samsung Gift Indonesia.

BACA SELANJUTNYA

Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition Resmi Rilis di Indonesia, Cek Berapa Harganya