Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 22 November 2020 | 17:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - CAT S42, HP antibakteri yang diklaim pertama bisa menghentikan penyebaran kuman. Seperapa hebatnya perangkat yang dibuat perusahaan berbasis di Reading bernama Bullitt ini?

Meski masih level awal pembuatan, smartphone ini dibuat untuk menjadi tangguh, tahan lama, dan serbaguna. 

Saat ini dapat dibeli seharga 229 pondsterling atau sekitar Rp 4,3 juta. Tapi, model yang dilengkapi dengan teknologi antimikroba Biomaster, tidak akan tersedia hingga awal 2021.

Bullitt kemudian berharap menghadirkan fitur antimikroba ke HP CAT lainnya tahun depan, termasuk CAT S52 berbodi ramping seharga 380 poundsterling atau kisaran Rp 7,16 juta dan CAT S62 dibanderol 599 poundsterling atau senilai Rp 11,28 juta unggulan dengan pencitraan termal.

Smartphone ini diklaim mampu memerangi penyebaran bakteri berkat ion sIlver yang tertanam di bahan handset selama proses pembuatan. Meskipun tidak secara aktif menetralkan bakteri atau virus, itu menghentikan penyebaran dan penggandaan patogen.

Dengan menghentikan mikroba bereplikasi, jumlahnya secara alami menyusut. Bullitt mengklaim 'Agen antimikroba aktif Biomaster' mengurangi jumlah bakteri hingga 80 persen dalam 15 menit dan 99,9 persen dalam 24 jam.

Pembuat handset yang tangguh mengatakan, perangkat tersebut benar-benar tahan air dan harus dicuci secara teratur dengan sabun dan air, pembersih, dan pemutih agar tetap bersih.

Smartphone antibakteri, CAT. [Dailymail]

"Ini penting bagi mereka di antara pelanggan kami yang bekerja dalam lingkungan perawatan kesehatan atau sosial, dan mereka yang mengunjungi banyak situs untuk pekerjaan mereka," kata Peter Cunningham, Wakil Presiden di Bullitt Group, dilansir laman Dailymail, Minggu (22/11/2020).

Menggunakan HP CAT telah membuat mereka yakin bahwa dapat dicuci dan dibersihkan secara teratur. Penambahan perlindungan produk antimikroba ke dalam CAT S42 adalah yang pertama bagi HP CAT, dan akan membuat CAT S42 lebih aman bagi pengguna.

Profesor Peter Hall dari Universitas Waterloo percaya telepon harus dibersihkan dua kali sehari, untuk mencegah penularan lebih lanjut. Tisu beralkohol paling cocok untuk membunuh virus, tetapi Apple merekomendasikan untuk menggunakan kain mikrofiber dan air sabun.

Ada potensi untuk tertular virus dari layar ponsel tetapi jauh lebih mungkin ditularkan melalui kontak manusia-ke-manusia.

CAT S42 juga tahan air hingga 1,5 meter (lima kaki) selama 35 menit dan, sebagai bagian dari pengujian, berulang kali dijatuhkan ke atas baja dari ketinggian 1,8 m di udara.

Smartphone antibakteri, CAT. [Dailymail]

Gorila glass dan kotak baja tahan karatnya tidak terpengaruh oleh tetesan tersebut, dan juga kebal terhadap kotoran, debu, perubahan suhu yang parah, dan getaran.

CAT mengadaptasi perangkatnya untuk merangkul dunia yang terguncang oleh pandemi virus corona. Perangkat CAT S62 Pro, kakak dari S42, adalah perangkat Android biasa dengan desain ramping dan kamera termal FLIR.

Pencitraan termal dirancang untuk memberikan gambaran rinci tentang panas yang berasal dari radiator, sapi, atau mesin. Namun, pembuat ponsel mengatakan kemampuan pemindaian termal juga dapat digunakan untuk membantu menyaring karyawan untuk suhu tinggi.

Itulah CAT S42, HP antibakteri yang diklaim sebagai smartphone pertama ada di dunia bisa menghentikan penyebaran kuman. (Suara.com/ Dythia Novianty).

BACA SELANJUTNYA

Pangling Lihat Gaya Elegan Ibu Fatmawati Pakai Kebaya di Foto Tahun 1940, Netizen Salfok Lihat Cat Kuku