Jum'at, 29 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 26 November 2020 | 16:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Banyak produsen raksasa teknologi berlomba-lomba menciptakan sistem AI yang lebih baik. Salah satunya adalah NEON, sebuah produk yang dikembangkan oleh laboratorium Samsung dengan julukan "Artificial Human" atau "Manusia Buatan".

Berkat konfirmasi dari petinggi perusahaan, NEON diyakini dapat tersedia di HP pintar sebentar lagi (meski dalam tahap pengujian).

NEON merupakan "makhluk virtual" yang dibuat secara komputasi di mana ia terlihat berperilaku seperti manusia.

Melalui Twitter, Pranav Mistry, CEO dari STAR (Samsung Technology and Advanced Research) Labs memamerkan foto NEON Frame, sebuah portal seukuran aslinya yang membawa NEON ke dunia nyata.

Salah satu produk lain yaitu NEON View. Laporan dari CNet, NEON View adalah versi asisten virtual yang hadir di perangkat seluler.

Sistem NEON yang dikembangkan oleh salah satu lab milik Samsung. (Twitter/ pranavmistry)

Asisten akan dapat mempelajari keterampilan dan membentuk ingatan pada memorinya. Tak seperti asisten AI saat ini, NEON memiliki wajah dan dapat berkomunikasi serta menunjukkan emosi seperti manusia.

Ketika NEON Frame dipamerkan di Twitter, terdapat leaker Ice Universe yang menanyakan apakah NEON sudah bisa digunakan pada HP pintar.

Sang CEO menjawab bahwa NEON sudah ada di ponselnya dan masih dalam tahap pengujian.

Konfirmasi petinggi perusahaan mengenai NEON di HP pintar. (Twitter/ pranavmistry)

"Itu (NEON) sudah ada di ponsel saya. Dalam fase pengujian. Anda bisa melihatnya sebelum Natal," kata Pranav Mistry saat menjawab pertanyaan dari Ice Universe.

Dikutip dari Gizmochina, NEON dapat diprogram untuk melakukan beberapa hal. Menurut detail di situs resminya, NEON bisa menjadi guru, instruktur yoga, narator, reporter dan banyak lagi.

NEON View. (NEON)

Wawancara CNET awal tahun ini dengan Pranav Mistry mengatakan bahwa asisten virtual tidak akan menjadi pengganti Bixby atau asisten AI lainnya. Masih belum jelas mengenai perangkat yang bakal dijejalkan dengan NEON.

Manusia virtual ini dikembangkan memiliki kepribadiannya yang membuatnya seolah-olah nampak hidup, berkomunikasi, dan berperilaku seperti kita. Terkait peluncuran secara komersial, sang CEO belum memberikan bocoran.

Namun NEON yang dikembangkan oleh laboratorium Samsung ini diprediksi bisa menjadi sistem AI lebih baik di masa depan.

BACA SELANJUTNYA

Mengenal Exynos 2200, Chipset yang Jadi Otak Samsung Galaxy S23 FE