Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 31 Desember 2020 | 18:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Evercoss selama ini ternama dengan produk HP murah di kelas entry level. Tapi bagaimana dengan Review Evercoss Tera S6, perangkat yang dihadirkan dengan harga Rp 1 jutaan?

Banyak produk brand ini dihadirkan dengan harga Rp 500 ribu hingga Rp 800 ribuan saja. Tak banyak yang bermain di kelas Rp 1 jutaan, selain Evercoss Tera S6 ada M6A.

Namun untuk kali ini, tim HiTekno.com berkesempatan membuat review Evercoss Tera S6 yang hadir dalam versi RAM 4 GB dengan internal memori 32 GB. Bagaimana pengalaman menggunakan HP murah ini?

Perangkat ini menggunakan chipset Unisoc SC9863A, berisi CPU octa-core berisi delapan inti yang berbasiskan Cortex-A55. Prosesor ini bisa berjalan di frekuensi sampai 1,6 GHz.

Chipset Unisoc SC9863A ini juga ditunjang GPU PowerVR Rouge GE8322, yang masih bisa memainkan sejumlah game. Terlebih disematkan RAM 4 GB yang langka untuk kisaran harga ini.

Review Evercoss Tera S6. (HiTekno.com)

Evercoss Tera S6 juga terlihat memakai layar lega dengan kamera selfie waterdrop atau poni mungil dan body belakang berwarna biru glitter. Terdapat modul kamera yang terlihat besar di belakang.

Namun bagaimana pengalaman menggunakan HP murah ini? Apa saja yang bisa dilakukan, bisakah main game? Simak review Evercoss Tera S6 dari HiTekno.com berikut ini.

Performa

Review Evercoss Tera S6. (HiTekno.com)

Hasil pengujian performa, didapati kemampuan HP murah ini memang tidak bisa dianggap remeh. Meski memakai chipset yang kurang terkenal, namun tetap bisa memenuhi keperluan pengguna.

Dari hasil AnTuTu Benchmark V8.5.2, mengejutkan mendapatkan nilai 104.918. Tergolong cukup mumpuni dan dapat bersaing dalam performa melawan beberapa HP murah lain di kelasnya yang memakai chipset populer.

Kunci utamanya memang pada pemakaian core berasitektur Cortex-A55 yang digunakan Unisoc SC9863A. Yang membuatnya sukses bersaing melawan HP merek-merek terkenal dari China.

Review Evercoss Tera S6 - nilai AnTuTu Benchmark. (HiTekno.com)

Begitu juga hasil pengujian Geekbench 5.2.5 yang berfokus pada CPU, didapati nilai 151 untuk Single-Core dan 813 untuk Multi-Core. Ini tergolong tinggi, terlebih untuk multi-core dalam menunjang multitasking.

Review Evercoss Tera S6 - nilai Geekbench. (HiTekno.com)

Tapi bagaimana dengan performa GPU pada Evercoss Tera S6 ini? Memang tidaklah sekuat chipset gaming, namun punya kemampuan yang cukup mendekati. Hasil 3DMark Sling Shot Extreme OpenGL mendapatkan nilai 392.

Review Evercoss Tera S6 - nilai 3DMark Sling Shot Extreme OpenGL ES 3.1. (HiTekno.com)

Bagaimana pengalaan bermain game dengan HP murah ini? Dalam review Evercoss Tera S6 ini, kamu menjajal dengan Call of Duty Mobile dan League of Legends Wild Rift, dua game tergolong baru dan populer.

Perangkat baru ini cukup mampu menjalankan Call of Duty Mobile tanpa masalah berarti. Meski tidak terasa smooth, namun tidak beda jauh pengalaman menggunakan HP murah di kelas Rp 1 jutaan.

Sedangkan League of Legends Wild Rift juga berjalan dengan baik, mampu menyelesainkan pertandingan tanpa kendala. Sehingga Evercoss Tera S6 cukup mumpuni untuk main game.

Baterai

Evercoss Tera S6 memang cuma dibekali baterai berkapasitas 4.500 mAh saja. Terlihat kalah soal kapasitas dibanding pesaingnya di harga ini, namun cukup mumpuni dalam mendukung aktivitas.

Pengalaman menggunakan HP murah ini dalam pemakaian sederhana sehari-hari seperti bermain game beberapa kali, browsing dan menonton YouTube, kapasitas baterai ini cukup untuk seharian.

Dalam paket penjualannya, disertakan kepala charger 5v 1.500 mA, atau sekitar 7,5 watt saja. Dengan kabel berkepala microUSB, standar seperti yang digunakan banyak perangkat di harga Rp 1 jutaan.

Dengan kelapa charger ini, membutuhkan waktu yang lama untuk mengisi baterai berkapasitas 4.500 mAh. Hasil pengujian kami membutuhkan waktu sampai 4 jam untuk mengisi 10 persen sampai penuh.

Kamera

Review Evercoss Tera S6. (HiTekno.com)

Terlihat modul kamera besar di belakang, namun bagian ini memang bukan kelebihannya. Dibekali sensor utama 13 MP, menghasilkan foto yang terlalu biasa saja.

Sedangkan kamera selfie 8 MP di poni mungil layarnya, juga menghasilkan foto yang biasa saja. Bahkan tergolong di bawah rata-rata pesaing di kelas harga Rp 1 jutaan ini.

Berikut sampel foto kamera Evercoss Tera S6:

Sampel Foto Evercoss Tera S6. (HiTekno.com)

 

Sampel Foto Evercoss Tera S6. (HiTekno.com)

Meski begitu, baik kamera belakang maupun selfie ini masih cukup bisa untuk melakukan video call. Baik untuk belajar online maupun rapat online, masih bisa menampilkan video yang terlihat cukup.

Jangan harap banyak soal kamera dari Evercoss Tera S6, anggap saja sekadar bisa memenuhi untuk video call. Juga sebagai penunjang penampilan saja yang membuat terlihat mewah dari belakang.

Desain dan Layar

Review Evercoss Tera S6. (HiTekno.com)

Untuk HP murah, Evercoss Tera S6 terlihat terkesan mewah. terlebih desain body belakang denga modul kamera besarnya. Sayangnya warna biru dengan butiran glitter tak semua orang menyukainya.

Soal warna, bisa tertolong dengan pemakaian silicon case bawaan dalam paket penjualan. Ditambah modul kamera besarnya menolong tampilan sekilas mirip HP mahal.

Review Evercoss Tera S6. (HiTekno.com)

Evercoss Tera S6 ini menggunakan layar 6,57 inci yang tegolong luas dan lega. Layar ini menggunakan panel IPS beresolusi 720x1600 piksel alias HD+. Laya ini juga cukup terang terlebih karena ukurannya.

Dengan ukuran yang cukup lega, membuatnya cocok untuk pengguna baru seperti orang tua. Juga cukup lega untuk mengikuti konverensi video dengan zoom bahkan untuk sekolah online.

Fitur dan Kelengkapan

Dalam paket penjualannya, Evercoss Tera S6 memang memberikan kelengkapan sederhana. Kepala charger, kabel USB, buku manual, garansi, colokan pembuka slot kartu SIM.

Dari perangkatnya sendiri, dilengkapi slot dual SIM dan microSD. Memiliki port audio 3,5 mm berjejer dengan port micro USB dan speaker di bawah. Sayangnya tidak memiliki sensor fingerprint.

Soal sistem operasi telah menggunakan Android 10. Menariknya, memakai antarmuka mendekati stok Android yang ringan dan mudah dioperasikan. Juga tidak banyak menambahkan bloatware atau aplikasi tambahan.

Hanya ada tiga aplikasi yang ditambahkan Evercoss, salah satunya bisa di uninstall. Yang dua bisa didisable dengan mudah juga. Dengan sedikitnya bloatware membuat memori internal 32 GB terasa lega dan ringan.

Harga:

Review Evercoss Tera S6 RAM 4 GB + memori internal 128 GB: Rp 1.249.000

Kelebihan:

  • Performa bersaing di kelasnya
  • Baterai irit cukup untuk seharian
  • Layar lega
  • Antarmuka bersih, sedikit bloatware
  • Harga murah

Kekurangan:

  • Kamera di bawah pesaingnya
  • Warna biru dengan gliter

Kesimpulan

Review Evercoss Tera S6. (HiTekno.com)

Hasil review Evercoss Tera S6, mendapati HP murah ini berada di atas ekspektasi pada sisi performa. Cukup handal dalam mendukung aktivitas keseharian dan bermain game ringan.

Namun cukup tertinggal dalam urusan kamera dibanding pesaingnya, hasil foto dan videonya tergolong biasa saja. Namun setidaknya kamera ini cukup untuk melakukan video call.

Fitur menarik yang bisa diunggulkan ada pada antarmuka yang bersih ala stok Android. Mudah dipelajari bagi pengguna baru dan tak banyak bloatware yang memberatkan perangkat.

Evercoss Tera S6 cocok untuk pengguna baru, seperti orang tua maupun remaja yang menjadikannya sebagai smartphone pertamanya. Bisa juga untuk belajar online karena layarnya yang lega.

Itulah hasil review Evercoss Tera S6, HP murah dengan performa handal di kelasnya. Layar lega baterai cukup untuk seharian, dan paling penting harganya bersaing.

BACA SELANJUTNYA

Xiaomi Rilis Redmi 12, HP Murah Memori Besar Mulai dari Rp 1.999.000