Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 06 Januari 2021 | 07:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Tambang Bitcoin atau koin kriptokurensi masih menarik sejumlah pihak. Bahkan masih ada yang membangun sistem komputer besar dengan banyak kartu grafis untuk menambang koin.

Terlebih dengan melejitnya harga Bitcoin beberapa waktu ini menarik perhatian sejumlah orang. Tak hanya itu, harga Ethereum juga ikut naik tajam bersamaan dengan harga koin digital lainnya.

Termasuk satu miner ini, yang membangun tambang bitcoik menggunakan 78 unit Nvidia GeForce RTX 3080. Kartu grafis terbaru yang sempat langka di pasaran hingga jadi buruan para gamer.

Di saat banyak gamer yang kesulitan mendapatkan kartu grafis terbaru ini, miner malah mampu membangung sistem dengan memakai 78 unit GeForce RTX 3080 yang tersusun rapi.

Menariknya, kartu grafis yang dibelinya adalah versi gaming yang hadir dengan lampu RGB. Terlihat dari foto, nampak warna-warni cahaya yang terpancar dari 78 unit kartu grafis ini.

Tambang Bitcoin dengan 78 GeForce RTX 3080. (tweaktown)

Seperti dimuat TweakTown, tambang Bitcoin dengan bejibun GeForce RTX 3080 ini dibangun oleh Simon Byrne. Miner menghasilkan ribuan dolar AS tiap bulannya sebagai penambang koin.

Menurut pengakuannya, ia kini bisa menghasilkan lebih dari 20.000 dolar AS atau setara dengan Rp 278,2 juta perbulannya. Juga 250.000 dolar AS atau setara Rp 3,4 miliar setahunya.

Pendapatan sebesar itu didapatkan dari tambang Bitcoin dan koin digital yang dibangunnya. Namun bukan sekadar 78 kartu grafis berlampu RGB ini, ia juga memiliki selain GeForce RTX 3080.

Total yang dimilikinya untuk menghasilkan koin setidaknya ada 143 kartu grafis. Dengan sebanyak itu, ia mengkonsumsi daya 28,46 kW, 9.665GH/detik daya penambangan Ethereum.

Dengan daya sebesar itu dan banyaknya kartu grafis ini, Simon Byrne mengaku berhasil mendapatkan 900 dolar AS atau setara Rp 12 juta setiap harinya. Namun angka ini belum dengan biaya listrik yang dikeluarkannya.

Tambang Bitcoin dengan 78 GeForce RTX 3080. (Facebook/ Simon Byrne)

Itulah tambang Bitcoin dan koin digital yang dibangun menggunakan 78 GeForce RTX 3080 dengan gemerlap RGB warna-warni. Kartu grafis yang jadi idaman banyak game untuk PC mereka.

BACA SELANJUTNYA

Sambut Tahun Naga, Colorful Hadirkan Kartu Grafis iGame GeForce RTX Loong Edition