Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 18 Januari 2021 | 09:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan mengentikan siaran televisi analog dan berganti menjadi siaran televisi digital yang akan dimulai secara serentak mulai 2 November 2022 mendatang. Tapi apakah itu TV digital dan apa kelebihannya?

Tentu saja ada kelebihan TV digital dipilih dibanding analog. Namun lebih jelaskan dalam ulasan siaran televisi digital dan analog berikut ini.

Dalam praktiknya masyarakat pengguna tv tabung atau analog masih bisa menikmati siaran televisi, tapi diperlukan alat khusus untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog sehingga dapat ditayangkan di tv analog.

Namun ada baiknya kalian segera berpindah ke tv digital karena memiliki banyak kelebihan. Apa kelebihan TV digital dibanding analog?

Pergantian serentak dari tv analog ke tv digital ini dilakukan mengingat perkembangan zaman yang kian maju dan teknologi yang semakin canggih. Selain itu, efisiensi juga menjadi salah satu faktor migrasi tv analog ke tv digital.

Ilustrasi TV. (Xiaomi)

Lalu, apa itu tv digital? 

1. Pengertian TV Digital

Melansir dari STMIK Banjarbaru, tv digital adalah penggunaan aplikasi teknologi digital pada sistem penyiaran televisi yang sudah dikembangkan sejak tahun 90an dan mulai diuji coba sejak awal tahun 2000. Di awal kemunculannya, penyiaran sistem digital tersebut dilakukan secara Simulcast atau siaran bersama dengan siaran analog sebagai media atau transisi. 

2. Kelebihan TV Digital

  • Sinyal Lebih Stabil
    Pada tv analog, semakin jauh dengan lokasi stasiun pemancar televisi, maka signal penyiaran akan semakin melemah dan gambar yang ditampilkan akan semakin buruk. Sedangkan tv digital terus menyiarkan gambar dan suara yang jernih sampai pada titik signal tidak dapat diterima lagi.
  • Memiliki Dua Status Penyiaran TV Digital
    Penyiaran TV digital hanya mengenal dua status: Terima (1) atau Tidak (0). Artinya, apabila perangkat penerima siaran digital dapat menangkap sinyal, maka program siaran akan diterima. Sebaliknya, jika sinyal tidak diterima maka gambar-suara tidak muncul.
  • Suara dan Gambar Lebih Jernih
    Melansir dari Kominfo, kualitas suara dan gambar pada siaran tv digital jauh lebih baik dibandingkan dengan tv analog. Pada tv digital, Anda tidak akan menemui gambar yang berbayang atau noise (bintik-bintik semut) pada layar televisi.
  • Terdapat Berbagai Fasilitas Tambahan
    Bagi para pengguna tv digital, tak hanya dimanjakan dengan siaran televisi yang jernih dan stabil, namun juga bisa mendapatkan fasilitas tambahan seperti EPG (Electronic Program Guide) yakni fasilitas untuk mengetahui acara yang telah dan akan ditayangkan. Pengguna juga bisa langsung menilai kualitas penyiaran dengan memberikan rating terhadap program televisi yang ditonton.

Demikian penjelasan tentang apa itu tv digital dan kelebihannya. Jika kalian masih menggunakan tv analog, segera beralih ke tv digital karena pemerintah akan menghentikan layanan tv analog.

BACA SELANJUTNYA

Perbedaan Utama TV Digital dan Smart TV, Kamu Wajib Tahu