Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 25 Januari 2021 | 14:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - MediaTek Dimensity 720, chipset baru yang dihadirkan untuk HP 5G kelas menengah. Menariknya, chipset ini bukan sekadar disematkan modem 5G belaka.

Ada beragam teknologi dan fitur menarik yang membuat smartphone pengguna MediaTek Dimensity 720 menarik di kelasnya.

Dr. Yenchi Lee, Deputy General Manager, Developing Platform Product Roadmap and Managing Go-To-Market strategy, MediaTek melalui rilis resminya membagikan 7 fitur unggulan chipset baru ini.

Berikut 7 alasan utama mengapa MediaTek Dimensity 720 menjadi pilihan menarik di smartphone Anda berikutnya:

1. Modem 5G yang Terintegrasi Penuh dalam Chip

Apa yang dimaksud dengan “5G terintegrasi SoC” adalah modem 5G yang diintegrasikan dalam chip tunggal yang mencakup seluruh komponen kerja lainnya seperti CPU, GPU, ISP kamera, dan prosesor AI, ketimbang menempatkan modem dalam chip terpisah.

Semua desain chip smartphone MediaTek Dimensity menampilkan modem 5G yang terintegrasi penuh, menjadikannya lebih hemat daya daripada platform 2-chip lainnya.

Manfaat kedua adalah PCB smartphone yang lebih kecil memungkinkan banyak perusahaan smartphone memiliki lebih banyak ruang untuk menghadirkan keunggulan lain seperti lebih banyak kamera, baterai lebih besar, atau fitur baru lainnya.

Teknologi modem 5G dari MediaTek ini sangat komprehensif, dengan Dimensity 720 yang mampu melakukan Agregasi Operator penting, serta dukungan jaringan 5G Standalone (SA) memungkinkannya untuk melakukan panggilan VoNR dengan kualitas tinggi.

Teknologi ini juga menawarkan teknologi terbaru seperti Dynamic Spectrum Sharing, mode FDD/TDD, serta mencakup jangkauan konektivitas 2G-5G penuh di situasi apa pun.

MediaTek Dimensity 720. (MediaTek)

2. MediaTek 5G UltraSave untuk Efisiensi Daya Terbaik di Kelasnya

Set fitur khusus dalam integrasi modem 5G adalah 5G UltraSave dari MediaTek. Saat menggunakan smartphone, terkadang Anda perlu mengunduh beberapa konten ringan seperti gambar, dan berat seperti video.

Apa yang telah dilakukan oleh para teknisi MediaTek adalah menciptakan komponen modem reaktif terhadap permintaan data sehingga hanya berfungsi untuk memenuhi kebutuhan saat digunakan saja, yang kemudian juga menghemat penggunaan daya.

Pengoptimalan daya yang ekstensif ini hadir melalui teknologi-teknologi berikut:

  • MediaTek 5G UltraSave Network Environment Detection
  • MediaTek 5G UltraSave OTA Content Awareness
  • Dynamic BWP
  • C-DRX (Connected Mode DRX)
     

3. Tampilan & Video MiraVision

MiraVision merupakan teknologi peningkatan tampilan eksklusif canggih yang menyesuaikan berbagai faktor tampilan dan alur video, termasuk warna, kecerahan, kontras, ketajaman, dan rentang dinamis, berdasarkan apa yang sedang ditonton; atau faktor lingkungan sekitar, seperti menonton di siang hari yang cerah.

MediaTek Dimensity 720 menawarkan beberapa teknologi di bawah ini yang dapat meningkatkan kemampuan streaming atau pemutaran ulang video di lokal.

  • Peningkatan HDR10+ dengan ‘Local Tone Mapping’
  • Peningkatan kualitas HDR10+ real-time
  • Penilaian tampilan dinamis dan pemetaan ulang

4. Kamera Hingga 64MP

Dimensity 720 dapat mendukung kamera hingga 64MP, yang mampu mendukung smartphone 5G kelas menengah dengan sensor ukuran super untuk pengambilan gambar terbaik.

Kamera ganda hingga 20+16MP hadir untuk pengambilan gambar potret yang lebih besar dan jelas, dan satu kerangka kerja untuk beberapa kamera seperti makro, ultra-wide, atau teleskopik juga hadir bagi perusahaan-perusahaan teknologi untuk membangun smartphone menarik yang dapat mengabadikan momen apa pun.

5. Tampilan 90Hz yang Cepat

Untuk meningkatkan pengalaman pengguna, para perusahaan smartphone dapat menggunakan tampilan 90Hz yang lebih cepat dibanding 60Hz yang biasa. 50% peningkatan kecepatan ini mampu menampilkan pengguliran teks dan halaman web yang lebih mulus, serta pergerakan yang lancar pada UI aplikasi dan animasi game.

6. Asisten Suara yang Integral dan Multipleks

Ragam asisten virtual mendukung kehidupan kita sehari-hari dengan berbagai cara. Dimensity 720 dapat mendengarkan beberapa kata pemicu untuk bisa mengaktifkan asisten-asisten virtual seperti Google Assistant, Amazon Alexa, atau layanan lokal lainnya.

Terintegrasi penuh dalam desainnya, para perusahaan smartphone mendapatkan satu ukuran sistem yang optimal dan tangguh dengan peredaman kebisingan integral yang mudah digunakan serta menawarkan ragam pilihan konsumen yang lebih banyak.

7. Chip 7nm

Fitur-fitur utama perlu diciptakan menggunakan teknik produksi terbaru ini agar lebih efektif, dan Dimensity 720 dibuat menggunakan proses produksi 7nm terbaru dari TSMC.

Dengan membuat sebuah chip menggunakan teknologi fabrikasi terdepan akan memberikan integrasi komponen terbaik dan efisiensi daya yang sangat luar biasa.

MediaTek Dimensity 720. (MediaTek)

 

BACA SELANJUTNYA

Perluas Wi-Fi 7 secara Mainstream, MediaTek Hadirkan Filogic Generasi Kedua