Rabu, 24 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 03 Maret 2021 | 10:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Apple sampai saat ini masih mempertahankan port Lightning untuk iPhone, meski santer kabar akan berganti ke USB-C. Namun nampaknya belum akan terjadi ke iPhone baru mendatang.

Kabar ini datang dari analis Ming-Chi Kuo yang sering akurat dalam memberikan bocoran terbaru soal produk-produk Apple.

Analis ini mengatakan kalau Apple tidak akan membawa port pengisian daya USB-C untuk iPhone baru berikutnya.

Perusahaan pimpinan Tim Cook itu juga tidak menempelkan Touch ID atau sensor sidik jari ke tombol power dalam waktu dekat.

Apple memang sudah membawa port pengisian daya USB-C ke perangkat tablet iPad Pro pada 2018 lalu. Saat itu, mereka tetap mempertahankan iPhone dengan port kabel Lightning.

"Pasar mengharapkan iPhone akan meninggalkan Lightning demi USB-C dan melengkapi tombol daya dengan sensor Touch ID. Namun survei terbaru kami menunjukkan bahwa tidak ada visibilitas pada iPhone untuk mengadopsi dua spesifikasi baru ini," kata Kuo, dikutip dari Apple Insider, Rabu(3/3/2021).

Menurut Ming-Chi Kuo, port dengan USB-C memiliki masalah dalam ketahanan air ketimbang Lightning.

iPhone 12. (Apple)

Selain itu, beralih dari kabel Lightning juga akan merugikan bisnis aksesoris Apple lewat Made for iPhone (MFi). Lini bisnis yang sangat menguntungkan bagi perusahaan tersebut.

Analis ini juga menambahkan, jika Apple benar-benar meninggalkan port Lightning, maka mereka bisa langsung mengadopsi desain tanpa port.

Perusahaan dikatakan bakal memilih MagSafe daripada menggunakan port USB-C, seperti yang digunakan di smartphone Android lainnya.

"Saat ini, ekosistem MagSafe belum cukup matang. Sehingga iPhone akan terus menggunakan port Lightning di masa mendatang," katanya.

Sementara untuk fitur Touch ID di tombol daya, Kuo menganggap teknologi Apple masih belum memadai. Sebagai informasi, Apple telah menerapkan Touch ID di tombol power untuk perangkat iPad Air 4.

"Kami yakin iPhone akan secara signifikan meningkatkan pengalaman pengguna jika mengadopsi tombol power dengan sensor Touch ID. Namun, saat ini belum ada visibilitas mengenai waktu adopsi spesifikasi baru ini," pungkasnya.

Itulah kabar terbaru dari analis yang menyebutkan Apple belum akan mengganti Lightning ke USB-C pada iPhone baru mendatang. (Suara.com/ Dicky Prastya).

BACA SELANJUTNYA

Alasan Upgrade ke iPhone 15: Makin Kencang, Baterai Awet, dan Fiturnya Makin Canggih