Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 16 Maret 2021 | 08:08 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Melalui acara terbarunya, AMD resmi mengumumkan prosesor barunya untuk kelas server. Yakni CPU AMD EPYC 7003 Series yang diklaim sebagai prosesor server dengan performa terkencang di dunia saat ini.

Prosesor AMD EPYC 7003 Series baru membantu HPC, cloud, dan pelanggan enterprise melakukan lebih banyak, lebih cepat, dengan memberikan performa terbaik dari semua CPU server dengan instruksi 19% lebih banyak per clock.

"Dengan peluncuran prosesor AMD EPYC Generasi Ketiga, kami sangat senang untuk menghadirkan CPU server terkencang di dunia. Prosesor ini memperluas kepemimpinan data center kami dan membantu pelanggan memecahkan tantangan TI (Teknologi Informasi) paling kompleks saat ini, sekaligus mengembangkan ekosistem kami secara substansial," kata Forrest Norrod, senior vice president and general manager, Data Center and Embedded Solutions Business Group.

"Kami tidak hanya menggandakan performa dalam persaingan di HPC, cloud, dan beban kerja enterprise dengan CPU server terbaru kami, tetapi bersama dengan AMD Instinct GPU, kami memecahkan halangan exascale dalam supercomputer dan membantu mengatasi masalah yang sebelumnya berada di luar jangkauan manusia." lanjutnya.

Prosesor AMD EPYC, Tenagai Data Center Modern

Prosesor Server AMD EPYC 7003 Series. (AMD)

Segera tersedia, Prosesor server AMD EPYC 7003 series memiliki hingga 64 core "Zen 3" per prosesor dan memperkenalkan level baru memori cache per-core, dengan tetap melanjutkan dukungan konektivitas PCIe 4 dan memori bandwidth terdepan di kelasnya yang menentukan CPU EPYC 7002 series.

Prosesor AMD EPYC Generasi Ketiga juga menyertakan fitur keamanan modern melalui AMD Infinity Guard dan fitur baru yang disebut Secure Encrypted Virtualization-Secure Nested Paging (SEV-SNP). SEV-SNP memperluas fitur SEV yang ada pada prosesor EPYC, menambahkan kemampuan perlindungan integritas memori yang kuat untuk membantu mencegah serangan berbahaya berbasis hypervisor dengan menciptakan lingkungan eksekusi yang terisolasi. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang fitur baru AMD EPYC Generasi Ketiga disini.

Gabungan seluruh fitur dan kapabilitas ini membantu mendorong waktu yang lebih cepat menuju hasil dan meningkatkan hasil bisnis bagi pelanggan HPC, cloud, dan perusahaan. 

  • Untuk pelanggan HPC yang menuntut kemampuan komputasi tinggi untuk melakukan lebih banyak simulasi dalam periode waktu tertentu, atau menggunakan kumpulan data yang lebih besar atau model yang lebih kompleks, prosesor AMD EPYC 7003 Series memungkinkan waktu yang lebih cepat untuk penemuan dengan lebih banyak I/O dan throughput memori, dan core "Zen 3 ” bertenaga yang memberikan performa hingga dua kali lipat untuk beban kerja HPC dibandingkan dengan kompetitor. 
  • Untuk penyedia cloud yang membutuhkan compute density dan kemampuan keamanan, prosesor AMD EPYC 7003 Series menawarkan core density tertinggi, fitur keamanan tingkat lanjut, dan performa integer hingga 2X lipat dibandingkan dengan kompetitor.
  • Untuk perusahaan, di mana performa dan waktu untuk nilai sangat penting dalam mendukung lingkungan baru "bekerja dari mana saja", prosesor AMD EPYC 7003 Series membantu meningkatkan efisiensi, dan memberikan nilai serta performa. Prosesor baru meningkatkan pemrosesan database transaksional hingga 19%, meningkatkan pengurutan analitik big data Hadoop hingga 60% dengan harga / performa 61% lebih baik daripada kompetitor[vi], dan menawarkan performa unggul untuk Hyperconverged Infrastructure yang fleksibel - semuanya membantu CIO mengubah data menjadi insight yang dapat ditindaklanjuti dengan lebih cepat.
  • Para Mitra yang Menggunakan Prosesor AMD EPYC 7003 Series

 

Ekosistem prosesor AMD EPYC diharapkan tumbuh secara signifikan pada akhir tahun 2021 dengan lebih dari 400 cloud instance menggunakan seluruh generasi prosesor EPYC dan 100 platform server baru yang menggunakan prosesor EPYC Generasi Ketiga.

Solusi berbasis prosesor AMD EPYC 7003 Series kini tersedia melalui berbagai OEM, ODM, penyedia cloud, dan mitra distributor di seluruh dunia.

  • AWS – akan menambahkan prosesor AMD EPYC 7003 series ke jajaran core Amazon EC2 instance akhir tahun ini.
  • Cisco – memperkenalkan model server rack Cisco Unified Computing Systemâ„¢ (Cisco UCS®) baru dengan Prosesor AMD EPYC 7003 Series yang dirancang untuk mendukung beban kerja cloud hybrid modern.
  • Dell Technologies – mengumumkan server PowerEdge XE8545 baru dengan CPU AMD EPYC 7003 Series, dan perusahaan akan mendukung prosesor baru dalam portofolio server PowerEdge-nya.
  • Google Cloud – mengumumkan prosesor AMD EPYC 7003 Series akan mentenagai VM, C2D komputasi baru yang dioptimalkan, dan perluasan dari N2D VM general purpose yang ada akhir tahun ini. Google Cloud Confidential Computing akan tersedia di C2D dan N2D. 
  • HPE – mengumumkan akan menggandakan jajaran solusi yang ditenagai prosesor AMD EPYC, menggunakan prosesor AMD EPYC 7003 Series di server HPE ProLiant baru, sistem HPE Apollo, dan supercomputer HPE Cray EX. 
  • Lenovo – menambahkan sepuluh solusi Lenovo ThinkSystem Servers dan ThinkAgile HCI yang dibangun pada prosesor EPYC Generasi Ketiga, dan mencapai lebih dari 25 rekor dunia baru di berbagai standar industri luas dalam area beban kerja.
  • Microsoft Azure  â€“ mengumumkan beberapa penawaran mesin virtual baru yang ditenagai oleh prosesor AMD EPYC 7003 Series. Mesin virtual Azure HBv3 untuk aplikasi HPC umumnya tersedia saat ini, dan mesin virtual Confidential Computing yang memanfaatkan fitur keamanan penuh dari prosesor AMD EPYC 7003 Series baru dalam private preview.   Oracle Cloud Infrastructure – announced it is extending its flexible virtual machine and bare metal compute offerings with the new E4 platform based on 3rd Generation AMD EPYC Processors.
  • Supermicro – memperkenalkan prosesor AMD EPYC 7003 Series dalam jajaran soket single dan dual Supermicro A + Ultra, Twin, SuperBlade®, Storage dan GPU Optimized Systems.
    Tencent Cloud – mengumumkan server instance Tencent Cloud SA3 baru, yang bertenaga prosesor AMD EPYC Generasi Ketiga.
  • VMware – mengumumkan rilis terbaru VMware vSphere 7 yang dioptimalkan untuk memanfaatkan performa virtualisasi prosesor AMD EPYC, sekaligus mendukung fitur keamanan canggih prosesor, termasuk SEV-ES untuk aplikasi berbasis mesin virtual.

 

Prosesor Server AMD EPYC 7003 Series. (AMD)

 

BACA SELANJUTNYA

Ditenagai AMD Ryzen, Harga Advan One PC hanya Rp 6 Jutaan